Jelang Hadapi Persinga, Persebaya Pesta Gol

Minggu, 10 September 2017 – 08:35 WIB
Pemain Persebaya, Irfan Jaya. Foto: Angger Bondan/Jawa Pos/dok.JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Persebaya akan menjalani laga pamungkas di grup 5 Liga 2 melawan Persinga Ngawi pada 14 September mendatang.

Persiapan terus digeber. Usai menjalani 5 sesi latihan sejak Senin kemarin (4/9), Green Force mulai menjajal kemampuannya lewat laga uji coba.

BACA JUGA: Menang dari PSBL Langsa, Kepri Jaya Tetap Terdegradasi

Salah satunya dengan tim Kompetisi Kapal Api Persebaya (KKAP) All Star di Stadion Gelora Bung Tomo pagi kemarin (9/9).

Dengan format 2x40 menit, Persebaya berhasil menaklukkan KKAP All Star dengan skor 5-1. Ricky Kayame jadi bintang dalam laga uji coba tersebut dengan memborong 4 gol sekaligus, yakni pada menit ke-23, 38, 73, dan 78.

BACA JUGA: PSPS Sukses Pecundangi PS Timah Babel Dua Gol Tanpa Balas

Satu gol lain diciptakan striker Rishadi Fauzi lewat tandukannya memanfaatkan umpan dari Thaufan Hidayat di sisi kiri penyerangan pada menit ke-70.

Sedangkan KKAP All Star hanya mampu membalas sebiji gol dari aksi individu striker asal Papua Zandri Roy Solossa.

BACA JUGA: PSPS Boyong 19 Pemain ke Pangkal Pinang

Dalam pertandingan tersebut, Pelatih Persebaya Angel Alfredo Vera membagi skuadnya jadi dua tim.

Satu tim inti bermain di babak pertama dengan ujung tombak Ricky, babak kedua pelatih asal Argentina itu mencoba pemain pelapis mengandalkan Rishadi sebagai striker tunggal.

Namun, di pertengahan babak Ricky kembali dimasukkan menggantikan Thaufan dan bermain di posisi winger.

Nah, banyak pelajaran yang didapat punggawa tim bermarkas di Karanggayam dalam laga uji coba tersebut. Salah satunya ketenangan dalam menyusun serangan.

Terlihat, dalam 20 menit di babak pertama, Misbakus Solikin dkk kesulitan menempus pertahanan 'juniornya' yang dikawal oleh Arif Rahman dkk.

Gol pembuka Persebaya pun lahir dari aksi individu Ricky. Menerima umpan Taufan di sisi kiri, Ricky melewati dua pemain KKAP All Star.

Sebelum akhirnya berhasil menaklukkan kiper Stevano A Peter lewat tendangan mendatar ke tiang jauh.

Baru setelah itu, skuad inti Persebaya seperti mendapat angin. Umpan-umpan pendek khas racikan Alfredo mulai terlihat.

Irfan Jaya di sisi kanan, Taufan di sebelah kiri, bergerak lincah dan mempermudah Ricky masuk ke jantung pertahanan. Begitu pula dengan lini pertahanan yang dijaga oleh Fandry Imbiri dan Andri Muliadi yang sangat kompak menghalau bola jauh dari gawangnya.

Tim pelapis juga demikian. Digawangi Sidiq Saimima bersama Prasetyo Handoko di lini tengah, permainan Persebaya terlihat hidup.

Apalagi, Taufan yang masih dimainkan di sisi kanan berhasil menunjukkan kelasnya setelah lama menepi karena cedera.

Rishadi pun tidak ketinggalan unjuk gigi lewat pergerakannya yang bisa membuka ruang di lini pertahanan KKAP All Star pagi kemarin.

''Saya lihat tim bergerak bagus, melakukan apa yang saya minta,'' puji Alfredo usai melihat permainan anak asuhnya selama 80 menit kemarin.

Dia juga mengatakan skuadnya dalam kondisi yang sangat bagus. Ketidakhadiran Rendi Irwan dan Oktafianus Fernando tidak membuat permainan tim yang juara Liga Indonesia dua kali tersebut pincang dalam laga uji coba kemarin.

''Kalau kami punya tim harus berusaha bahwa semua pemain sama kemampuannya, tidak ada beda. Jadi saya senang melihat penampilan hari ini (kemarin),'' lanjutnya.

Terkait Ricky yang bermain gemilang, Alfredo enggan berkomentar banyak. Menurutnya, laga kemarin hanyalah laga uji coba.

''Tapi yang jelas ini bagus untuk kepercayaan dirinya. Tim juga akan percaya bahwa Ricky punya kemampuan,'' jelasnya.

Ricky sendiri saat ditanyai Jawa Pos terkait penampilannya cuman bisa bersyukur. Dia menjelaskan penampilannya yang ciamik tidak terlepas dari kerja sama tim.

''Saya selalu berbuat yang terbaik saja di tiap laga,'' kata mantan pemain Persipura Jayapura itu.

Sementara itu, Pelatih KKAP All Star Lulut Kistono menilai Persebaya jauh lebih baik dari beberapa pertandingan sebelumnya.

Skema penyerangan juga lebih variatif. ''Yang jelas satu hal yang masih kurang, jangan pernah meremehkan lawan. Itu saja,'' ucapnya. (rid)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Laga Penentuan, PSMS Fokus Asah Strategi Jelang Hadapi Persih


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler