Jelang Hari Bhayangkara, Polda Sulut Gelar Pekan Disiplin

Jumat, 24 Juni 2022 – 21:16 WIB
Kapolda Sulut Irjen Mulyatno. Foto: Dok Humas Polda Sulut for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Polda Sulawesi Utara (Sulut) menggelar Pekan Disiplin secara serentak di Polresta dan Polres jajaran dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara yang jatuh pada 1 Juli 2022 mendatang.

Kapolda Sulut Irjen Mulyatno menugaskan para Pejabat Utama Polda Sulut sebagai Perwira Pengamat Wilayah (Pamatwil) Pekan Disiplin untuk turun langsung ke Polresta dan Polres jajaran sesuai jadwal yang telah ditentukan mulai 24 Juni.

BACA JUGA: Polda Sulut Sampai Harus Menggali Tanah, 2 Orang Terancam Hukuman Mati

Nantinya, dua Pamatwil yang melaksanakan Pekan Disiplin di masing-masing Polresta dan Polres jajaran akan didampingi dua personel Bidang Propam Polda Sulut.

Perwira tinggi Polri itu mengatakan ada sejumlah sasaran dalam Pekan Disiplin tersebut.

BACA JUGA: Aipda M Niam yang Bersujud di Depan Kapolres Ternyata Sempat Lupa Istri

“Sasaran Pekan Disiplin antara lain, kerapian dan kebersihan Mako, kesiapan anggota, sikap tampang, pakaian atau seragam, maupun perlengkapan lainnya, termasuk kerapian dalam memelihara peralatan,” kata Mulyatno dalam keterangannya, Jumat (24/6).

Irjen Mulyatno mengatakan Pekan Disiplin itu dibuat guna mendukung pelaksanaan operasional tugas Polri.

BACA JUGA: Dor Dor, Polisi Gulung Pembunuh Perempuan Pemilik Kafe Hiburan Malam

“Kalau personel dan Makonya sudah siap, pasti operasionalnya pun akan berjalan dengan baik sesuai dengan harapan,” kata Mulyanto.

Alumnus Akpol 1998 itu mengatakan bila ditemukan hal-hal yang menjadi sasaran tersebut, tentunya akan diberikan sanksi, baik dari yang paling ringan yaitu teguran hingga tindakan disiplin.

“Bila ada yang melakukan pelanggaran yang lebih besar atau berat juga akan kami lakukan sidang kode etik," kata Mulyanto.

Pria kelahiran Jawa Tengah itu berharap seluruh anggotanya tidak melakukan pelanggaran sebagaimana sasaran dalam Pekan Disiplin tersebut.

"Ini sifatnya untuk mencegah agar anggota tidak melanggar disiplin. Pekan Disiplin ini bertujuan untuk meningkatkan disiplin, baik disiplin diri, Mako maupun operasional,” jelas Mulyanto.

Dia mengatakan penegakan disiplin akan dilakukan secara berkelanjutan, tidak hanya pada momen tertentu saja.

“Supaya tiap saat kalau ditemukan pelanggaran segera bisa dilakukan tindakan, sehingga yang bersangkutan bisa memperbaiki diri,” kata Mulyanto.

Di sisi lain, lanjut Mulyatno, penegakan disiplin juga akan dilakukan sesuai dengan kebutuhan.

Apabila terjadi penurunan tingkat kedisiplinan, penegakan akan dilakukan secara terus menerus.

“Bila kedisiplinannya sudah meningkat atau sudah baik, tinggal memelihara."

"Diharapkan dengan kesiapan personel, peralatan, dan perlengkapan, maka operasionalnya pun bisa efektif dan efisien, sehingga dapat dengan mudah mencapai tujuan serta sasaran tugas yang direncanakan,” pungkas Mulyatno.

Untuk jadwal Pekan Disiplin pada Jumat (24/6) dilaksanakan di Polresta Manado, Polres Minahasa Utara, Polres Bitung, Polres Tomohon, Polres Minahasa, Polres Minahasa Selatan, dan Polres Minahasa Tenggara.

Selanjutnya, di Polres Kotamobagu, Polres Bolmong, Polres Bolmong Timur, Polres Bolmong Utara, dan Polres Bolmong Selatan.

Pekan Disiplin dilaksanakan dalam bentuk apel pagi dipimpin oleh Pamatwil masing-masing Polresta dan Polres jajaran.

Dilanjutkan dengan penegakan ketertiban dan disiplin (gaktiblin) oleh Pamatwil bersama personel Bidang Propam Polda Sulut terhadap seluruh anggota Polri maupun PNS Polresta, dan Polres setempat. (cr3/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Persib Segel Juara Grup C Setelah Kalahkan Bhayangkara FC 1-0


Redaktur : M. Rasyid Ridha
Reporter : Fransiskus Adryanto Pratama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler