Jelang Lawan Malaysia, Timnas U-23 Mulai Asah Taktik

Sabtu, 01 Maret 2014 – 14:39 WIB

jpnn.com - JOGJA - Hasil Tes Vo2 Max skuad Timnas U-23 sudah didapatkan seluruhnya oleh tim pelatih Timnas U-23. Dari laporan penilaian tim tes fisik tersebut, hanya tiga pemain yang memiliki nilai Vo2 Max tertinggi diantara 28 pemain yang di tes.

Adalah Rizky Pellu, Rasyid Assahid Bakri, dan Bayu Gatra, yang memiliki nilai Vo2 Max di atas nilai minimal yang diharapkan oleh pelatih asal Malang tersebut.

BACA JUGA: Durant Ngamuk, Thunder Akhirnya Menang

"Vo2 Max tertingginya 57,5 ml/kg/menit. Kalau pemain yang lain ada di nilai rata-rata minimal 55 poin,' kata Pelatih Timnas U-23 Aji Santoso.

Meski demikian, lanjut dia, ada juga beberapa pemain yang ternyata berada di bawah standar minimal Vo2 Max. Tapi, Aji yakin dengan masa latihan yang masih tersisa sekitar enam hari sebelum uji coba kontra Malaysia U-23, nilai mereka masih bisa naik.

BACA JUGA: Matangkan Antisipasi Bola Atas

Dengan latihan terpusat ini, kekurangan satu-dua poin Vo2 Max dari nilai minimal bakal terpenuhi.

"Hasilnya sesuai prediksi ideal, Kalau kurang dari satu atau dua poin bisa ditingkatkan lagi. Nanti kalau di tahap kedua masih kurang dari 55 maka akan dicoret," ucap Aji.

BACA JUGA: AS Roma v Inter Milan, Tuan Rumah Di Atas Angin

Dengan pernyataan ini, maka dipastikan pemain yang tak memenuhi standar minimal kebugaran, masih memiliki kesempatan untuk meningkatkan kondisinya dan kembali dipanggil Timnas.

Sementara itu, dengan selesainya fase latihan pengkondisian fisik dan pengukuran Vo2 Max, materi latihan skuad Garuda Muda mulai mengarah ke taktik dan strategi. Pemain mulai mendapatkan latihan transisi dan pressing dengan lebih intensif.

Aji ingin melihat pemain-pemainnya mampu mobile dan tetap konsentrasi sepanjang 90 menit permainan. Dia tak ingin strateginya yang membutuhkan fisik prima tak maksimal karena pemain-pemainnya nantinya kelelahan.

Sebelum laga melawan Malaysia pada 5 Maret nanti, Aji akan menguji pemain-pemain yang siap diturunkan dalam sesi latihan khusus game untuk mengaplikasikan strateginya. Sayang, dia belum mengumumkan waktunya. Hanya, dia memastikan tak ada uji coba dengan klub lokal dan game itu sifatnya hanya internal antar pemain U-23. (aam)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pelapis Garuda Jaya Belum Jos


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler