Jelang Munas, Golkar Maluku Pecah

Senin, 28 September 2009 – 12:34 WIB
AMBON- Perpecahan ditubuh Golkar Maluku, terus berlangsungSetelah perpecahan paska penunjukan Fatani Sohilauw sebagai Ketua DPRD Maluku, kini aroma perpecahan terkait Munas Golkar kembali muncul

BACA JUGA: Bursa Pimpinan DPD Mulai Memanas



Informasi yang dihimpun JPNN menyebutkan penyebab berlarut-larutnya keputusan DPD Golkar Maluku di ajang Munas DPP Golkar, karena sejumlah pengurus teras DPD Golkar Maluku beda pendapat
Sebagian fungsionaris DPD Golkar menginginkan Aburizal Bakri, lainnya Surya Paloh.
 
Perbedaan itu, menjadi penyebab molornya sikap DPD Golkar Maluku mendukung siapa nama ketua umum yang akan diusulkan pada Munas mendatang

BACA JUGA: Jilat SBY, Dukung Ical

Padahal, pergelaran Munas sudah tinggal menghitung hari, yakni 4-7 Oktober mendatang.

Sumber JPNN dari kader Golkar Maluku yang tidak mau namanya dikorankan mengaku molornya sikap Golkar Maluku karena sesama Korwil menjadi tim pemenangan di Aburizal dan Surya Paloh
Ketua Korwil Yamin Tawary dan anggota Korwil Darma Oratmangun menjadi tim sukses Aburizal

BACA JUGA: JK Cipika-Cipiki dengan Paloh

Sementara Edison Betaubun menjadi komandan di Paloh."Perbedaan ini yang menjadi penyebab Golkar Maluku takut mengambil langkah," kata kader tersebut, Sabtu (26/9).

Padahal, sebelumnya melalui Ketua Korwil DPP Golkar Yamin Tawary menginstruksikan kepada pengurus DPD Golkar Maluku agar segera menentukan sikapTawary berharap, siapa ketua umum yang dipilih, harus melalui rapat pleno.

"Siapa yang dipilih terserahYang penting keputusan DPD di bawa ke Munas harus melalui rapat plenoSiapa yang diutus pleno yang tentukan," harap Tawary ketika memimpin rapat penentuan Ketua DPRD Maluku dari Golkar belum lama ini.

Berlarut-larutnya keputusan DPD Golkar Maluku di ajang Munas DPP Golkar, akhirnya DPP Golkar turun tanganSekretaris Korwil untuk Maluku dan Maluku Utara Edison Betaubun, diinformasikan akan memimpin rapat  pleno pekan ini, untuk menentukan sikap politik siapa ketua umum yang akan didukung di Munas.

Berdasarkan perbedaan itu, rencana kedatangan Betaubun, menurut sumber JPNN, salah satu agenda dalah memimpin rapat DPD Golkar Maluku untuk menentukan sikap politik di ajang Munas."Pa Edi hari ini tiba (Sabtu 26/9)Rencananya pekan depan (minggu ini, red) beliau memimpin rapat DPD Golkar Maluku untuk menentukan sikap politik  di ajang Munas," katanya.

Ketika Ambon Ekspres menghubungi Betaubun, Sabtu (26/9) mengaku, kedatanganya di Ambon untuk memimpin rapat DPD Golkar untuk menentukan sikap kepada Paloh."Wah tidak betul ituItu tidak benarItu hanya orang biking isu sajaMemang betul saya di Ambon tapi bukan urusan itu," kilahnya.

Ketika disinggung peluang Surya Paloh yang biasa disapa SP, Betaubun yang juga ketua Tim Kecil SP mengaku, SP dipastikan sebagai pemenang di Munas."Dukungan ke SP dimana-manaKita pasti menang,"kata Betaubun.

Dia mengaku, SP mendapat dukungan dari DPD II Golkar di provinsi besar."Jadi rata-rata di provinsi besar dukungan DPD II lebih banyak ke SPApalagi suara DPD I dan DPD II masing-masing hanya satu suaraKita bisa lihat deklarasi pemenangan SP didaerah-daerahJadi sudah pasti," tandasnya.

Dia mencontohkan, Provinsi Gorontalo yang membawahi enam DPD II Golkar kabupaten/kota, empat DPD II mendukung SP."Sementara DPD I Golkar Gorontalo dan
Salah satu DPD II di Gorontalo mendukung Aburizal BakriKita mendapat dukungan lebih banyak dari DPD II se Indonesia

Fatani Sohulauw yang ditunjuk menjalankan fungsi ketua DPD Golkar Maluku mengaku, pihaknya sampai saat ini DPD belum menentukan sikap mendukung siapa ketua umum."Kita belum memutuskan mendukung figure A atau figure BTentunya  kita akan membicarakan bersama dalam rapat partai," kata Sohilauw.

Kata dia, pihaknya akan mengkaji semua semua kader senior maju mencalonkan diri sebagai Ketua Umum DPP Golkar."Semuanya bagus-bagusKita akan kaji perkembangan yang ada sebagai referensi kami, dalam rapat dipartaiKalau ada kader partai yang mendukung figure A atau figure B itu merupakan dukungan pribadi tapi bukan dukungan dari institusi partai, karena kita belum melakukan rapatMungkin dalan atu dua hari ini," kata Sohilauw. 

Sementara DPD II Golkar kabupaten/kota, lanjut sumber itu, dukungan 11 DPD II Golkar dipastikan ke Surya Paloh."Memang DPD II tidak masalahMereka sepertinya ke Surya Paloh,"terangnya.

Dukung an DPD II Golkar kabupaten/kota se Maluku ke Surya paloh juga dibenarkan oleh Sekretaris Korwil Edison Betaubun."Memang DPD II Golkar di Maluku tidak masalah,"kata Betaubun belum lama ini.

Golkar Ambon Dukung Paloh
Di tempat terpisah, Sekretaris DPD  Partai Golkar Kota Ambon Max Patiapon mengaku sudah menjatuhkan pilihan kepada Surya Paloh,  sebagai bakal calon Ketua Umum  DPP Golkar di Munas yang digelar 4 hingga 7 Oktober 2009 mendatang di Riau. 

Keputusan mendukung Paloh itu, beber dia, setelah DPD Golkar Kota Ambon melakukan rapat pleno 7 September 2009 lalu" Sesuai  hasil keputusan  pleno DPD Golkar Kota Ambon, kita semua sepakat  mendukung  Surya Paloh,” ujar Pattiapon ketika  dihubungi via ponselnya.

Dukungan ke Paloh, lanjut dia, dengan mempertimbangkan berbagai kriteria baku, yang dikeluarkan  DPP Partai GolkarSelain itu lanjut dia, analisa dibuat DPD Partai Golkar  Kota Ambon, kepada empat kandidat  masing-masing Aburizal Bakri, Surya  Paloh, Yuddy Krisnadi  dan Tommy Suharto.

"Berdasarkan hasil analisa,  pilihan  dijatuhkan ke Surya  Paloh, karena berkaitan dengan masa depan  Golkar,” terangnya.(yos/fuz/JPNN)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Paloh: Golkar dan Pemerintah Sama Tinggi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler