Jelang Pensiun, BHD Ganti 3 Kapolda

Jumat, 08 Oktober 2010 – 14:27 WIB
JAKARTA - Detik-detik menjelang pensiun, Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri (BHD) masih sempat mengganti tiga KapoldaPadahal, baru sepekan ini BHD juga memutasi Kapolda Metro Jaya, Timur Pradopo menjadi Kabaharkam, yang kini menjadi calon tunggal Kapolri.

Pelantikan dilakukan di ruang rapat utama (rupatama) Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jumat (8/10)

BACA JUGA: Sepekan, 4 Gempa Guncang Maluku

Tiga Kapolda yang dimutasi itu ialah Kapolda Kepulauan Riau dari Brigjen (Pol) Pji Hartanto Iskandar diserahkan kepada Brigjen (Pol) Budi Winarso, Kapolda Kalimantan Selatan dari Brigjen (pol) Untung S Radjab diserahkan kepada Brigjen (pPol) Syafrudin, dan Kapolda Maluku dari Brigjen (Pol) Totoy Herawan kepada Brigjen (Pol) Syarief Gunawan. 

Bambang mengatakan, pergantian itu merupakan mutasi rutin dalam rangka penyegaran organisasi dan promosi
Di mana dalam tugasnya para perwira yang diganti menunjukkan kinerja yang cukup baik

BACA JUGA: Gamawan Bantah Aparat Kemdagri Pecah

Mantan Kapolda Maluku Totoy Herawan, misalnya, oleh Kapolri disebut berhasil menjaga kondusifitas Maluku, baik dari konflik internal maupun ancaman separatis Republik Maluku Selatan (RMS).

“Terlebih lagi Maluku masih ada kelompok separatis RMS yang masih mencoba eksis di negara ini
Sehingga dengan pengelolaan  Jenderal Totoy kita melihat ada keberhasilan-keberhasilan yang cukup membanggakan,” ujar BHD.

Pujian juga diberikan untuk Puji Hartanto Iskandar

BACA JUGA: Pastikan Kasus Sisminbakum Jalan Terus

Menurut Bambang, selama bertugas di Kepri, Puji dinilai berhasil menangani sejumlah kasus, terutama tindak pidana transnasional dan pidana konvensional lainnya.

“Kapolda Kepri mampu mencegah dan menindak segala bentuk kejahatan, seperti judi dan people smugglingSaya berharap dengan adanya sertijab ini, prestasi-prestasi itu bisa dilanjutkan,” paparnya.

Untuk Untung S Radjab, Kapolri menyebut sejumlah keberhasilan yang pernah dicapai selama kepemimpinanya di Polda Kalsel, misalnya dalam menciptakan kondusifitas wilayah serta penaganan tambang illegal.
”Kepada Kapolda Kalsel, saya sampaikan terima kasih yang selama ini mampu mengelola dinamika sehingga tetap kondusif, mampu menindak tegas illegal mining,” imbuhnya.

Sebelumnya, puluhan perwira polri juga dimutasi terhitung akhir September dan awal Oktober 2010, termasuk mutasi Kabaharkam dari Komjen (Pol) Iman Haryatna kepada Komjen (Pol) Timur PradopoIman memasuki usia pensiun, sedangkan Timur menjadi calon tunggal Kapolri.(zul/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Persiapan Haji Sudah 97 Persen


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler