Jelang Ramadan, Harga Sembako Aman

Selasa, 07 Juli 2009 – 15:15 WIB
JAKARTA- Menteri Perdagangan RI Mari Elka Pangestu mengatakan, pihaknya akan siap untuk mengamankan stok dan harga bahan pokok menjelang bulan puasa atau Ramadan hingga menjelang Lebaran.

“Kami akan terus memantau untuk menjamin stok dan harga tetap stabil dan aman menjelang bulan puasaTapi untuk Pemilu kali ini, tidak ada masalah, semuanya aman,” serunya ketika ditemui usai melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Bendungan Hilir, Jakarta, Selasa (7/7).

Dikatakan, pihaknya juga akan berkordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda), produsen dan pedagang agar bersedia untuk ikut menjaga kelancaran distribusi bahan pokok dan kestabilan harganya.

“Kita menjaga stok bahan pokok ini agar cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan juga untuk menghindari lonjakan harga hingga 100 persen,” tandasnya.

Menurutnya, kenaikan harga menjelang Puasa dan Lebaran diperkirakan akan mencapai sekitar 5-10 persen  untuk produk tertentu

BACA JUGA: Korea-Jepang Tingkatkan Investasi di Indonesia

Misalnya, daging ayam dan sapi
“Lonjakan harga untuk daging ayam dan sapi tersebut adalah normal dan kerap kali terjadi di setiap tahunnya,” jelasnya.

Dia menambahkan, momen tersebut juga akan menjadi kesempatan bagi pedagang sekali setahun menikmati keuntungan, dan pada saat setelah hari raya, maka harga akan kembali turun normal.

Sementara itu, berdasarkan hasil pantaun di Pasar Bendungan Hilir kali ini, Mendag mengatakan harga beberapa bahan kebutuhan pokok  seperti cenderung turun

BACA JUGA: BKPM-Kadin Sepakati Pelayanan Satu Pintu

Harga minyak goreng curah turun menjadi Rp 8-9 ribu  per kilogram (kg), di mana sebelumnya  berada pada harga Rp10.000 per kg.  Selain itu, harga gula juga menunjukkan penurunan harga, dari Rp 9.000 per kg menjadi sekitar Rp8.000 per kg
(cha/JPNN)

BACA JUGA: Kepemilikan Saham oleh Asing Akan Disederhanakan

BACA ARTIKEL LAINNYA... Semester I 2009, Investasi Naik 27 Persen


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler