Jembatan Cihaurbeuti Longsor, Pemudik Masuk Kota Tasikmalaya

Jumat, 25 Juli 2014 – 09:41 WIB

jpnn.com - CIAMIS – Jembatan Sungai Cibaruyan di Kampung Cianda RT 01/ 06 Desa Sukahaji Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis longsor Kamis dini hari (24/7). Polisi menutup jalur mudik nasional Selatan Jawa ini.

Para pemudik yang akan menuju Jawa Tengah dialihkan ke pusat Kota Tasikmalaya sejak di Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya.

BACA JUGA: Pedagang Asongan Blokir Stasiun

Dita Puspita (19) mengaku mendengar suara gemuruh saat longsor terjadi. Dia mengira suara itu dari air Sungai Cibaruyan. “Namun ternyata longsor,“ jelas Dita kemarin di lokasi jembatan longsor.

Hardiman (54), pengguna jalan mengaku kaget saat akan melewati Jalan Cihaurbeuti karena banyak warga dan polisi. Dia mengira polisi menggelar razia. “Untungnya saya bawa sepeda motor masih bisa lewat pukul 06.00,” jelas Hardiman, pemudik asal Cilacap.

BACA JUGA: Ganjar Minta Jembatan Comal Terus Dipantau

Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis Ade Deni mengaku mengetahui informasi longsor di Jembatan Sungai Cibaruyan sekitar pukul 01.00 Kamis (24/7).

Dia mengirim enam anggotanya ke lokasi longsor. Saat itu skala longsor masih kecil. Jalan yang menghubungkan Rajapolah-Ciamis ini  masih bisa dilalui sepeda motor dan mobil kecil. Untuk bus dan kendaraan berukuran jumbo dilarang melintas jembatan itu. Kendaraan-kendaraan itu masuk ke Kota Tasikmalaya.  

BACA JUGA: Jembatan Comal Dibuka Sementara

Karena longsoran semakin parah, jembatan itu hanya dilalui satu jalur saja. Setengahnya ditutup. “Hanya yang boleh saat itu sepeda motor saja,  secara buka tutup,” paparnya.

Longsor di Jembatan Cibaruyan, kata dia, karena luapan sungai tersebut. “Hujan deras tidak berhenti serta luapan air yang cukup besar,” jelasnya.      

Kasat Lantas Polres Ciamis AKP Yudi Sadikin SIP mengatakan sejak jembatan itu longsor, dia berkoordinasi dengan Polres Tasikmalaya Kota.  Kendaraan pemudik dari arah Bandung menuju Jawa Tengah dialihkan via Rajapolah ke  

Kendaraan pemudik dialihkan ke Kota Tasikmalaya-Sindangkasih (Ciamis)- Ciamis Kota-Banjar lalu ke Jawa Tengah.

Bisa juga pemudik melalui Cihaurbeuti - Panumbangan atau arah Panjalu tembus Kawali hingga masuk Alun-Alun Ciamis.

“Kami lakukan itu karena memang Jembatan Sungai Cibaruyan lagi longsor, total tidak bisa dilalui,“ jelasnya Yudi. (isr)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Comal Sudah Bisa Dilewati, Giliran di Selatan Rusak


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler