Jembatan Ogan 1 Kertapati Direnovasi, KAI Divre III Imbau Penumpang Datang Lebih Awal

Kamis, 18 Juli 2024 – 15:10 WIB
Calon penumpang Kereta Api Divre III Palembang. Foto: Dokumen Humas KAI Divre III Palembang for JPNN.com.

jpnn.com - PALEMBANG - Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Sumatera Selatan akan merenovasi Jembatan Ogan 1 Kertapati Palembang, mulai 18 Juli hingga 6 Agustus 2024.

Manager Humas PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional III Palembang Aida Suryanti menjelaskan bahwa akan ada rekayasa pengalihan lalu lintas selama pelaksanaan renovasi Jembatan Ogan 1 Kertapati.

BACA JUGA: Libur IdulAdha 2024, Penumpang KAI Divre III Palembang Capai 107 Persen

"Bagi masyarakat yang akan menuju Kertapati dari arah Ampera atau Flyover Jakabaring sementara tidak bisa melewati Jembatan Ogan 1 Kertapati. Namun, dialihkan untuk melewati Jembatan Ogan 2 (jembatan rangka), sehingga akan terjadi dua arus lalu lintas dari dan menuju Kertapati di atas Jembatan Ogan 2 Kertapati yang akan memperlambat alur lalu lintas," kata Aida melalui siaran pers yang diterima JPNN.com, Kamis (18/7).

PT KAI Divre III Palembang juga mengimbau calon penumpang mengatur waktu keberangkatan menuju stasiun lebih awal agar tidak tertinggal kereta api karena terlambat tiba di stasiun Kertapati.

BACA JUGA: KAI Divre III Palembang Salurkan 23 Ekor Hewan Kurban di Wilayah Operasional

"Calon penumpang dapat mengantisipasi pengalihan arus lalu lintas ini dengan memperkirakan waktu keberangkatan menuju stasiun, minimal satu jam sebelum keberangkatan KA telah berada di stasiun sehingga tidak tertinggal," pesan Aida.

Selain itu, bagi para calon penumpang yang telah membeli tiket untuk keberangkatan 18 Juli sampai 6 Agustus 2024, telah disampaikan pemberitahuan melalui WA/SMS blast, untuk mengantisipasi keberangkatan dari rumah menuju Kertapati sehingga tidak ketinggalan kereta.

BACA JUGA: Penumpang KAI di Divre III Palembang Naik 11,2 Persen di Periode Semester 1 2024

Saat ini kereta yang beroperasi di Divre III Palembang, yakni:
- KA Bukit Serelo  Kertapati-Lubuklinggau (PP), berangkat dari Kertapati pukul 09.00 dan dari Lubuk Linggau 10.15.

- KA Ekspres Rajabasa Kertapati- Tanjung Karang (PP), berangkat dari Kertapati pukul 08.30 dan dari Tanjung Karang 08.30.

- KA Komersial Sindang Marga Kertapati-Lubuklinggau (PP), berangkat dari Kertapati pukul 20.15 dan dari Lubuk Linggau 19.45.

Lebih lanjut Aida menjelaskan ada catatan positif peningkatan volume pelanggan pada periode Semester 1-2024 dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Pada periode 1 Januari sampai dengan 30 Juni 2024, volume pelanggan di KAI Divre III tercatat sebanyak 505.634 penumpang yang merupakan jumlah keseluruhan dari operasional KA Ekonomi Bukit Serelo relasi Kertapati - Lubuk Linggau (PP), KA ekonomi Ekspres Rajabasa relasi Kertapati - Tanjung Karang dan KA komersial Sindang Marga relasi Kertapati - Lubuklinggau (PP) dengan rata-rata ketersediaan tempat duduk 2. 374 setiap harinya.

Sementara, pada periode yang sama tahun sebelumnya, 1 Januari sampai dengan 30 Juni 2023, volume penumpang di KAI Divre III tercatat sebanyak 437.635. Dengan demikian, ada peningkatan volume penumpang di KAI Divre III sebanyak 67.999 atau 11,2 persen pada Semeseter 1-2024 dibandingkan semester 1 tahun sebelumnya.

"KAI Divre III Palembang berkomitmen akan terus meningkatkan fasilitas pelayanan pelanggan dengan harapan minat masyarakat makin besar untuk menggunakan transportasi massal kereta api yang aman, nyaman, selamat, dan tepat waktu," tutup Aida. (mcr35/jpnn) 


Redaktur : M. Kusdharmadi
Reporter : Cuci Hati

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler