Penumpang KAI di Divre III Palembang Naik 11,2 Persen di Periode Semester 1 2024

Rabu, 10 Juli 2024 – 12:59 WIB
Penumpang Kereta Api Divre III Palembang, Foto: Humas KAI Divre III Palembang for JPNN.com.

jpnn.com, PALEMBANG - Jumlah penumpang kereta api di Divre III Palembang pada periode semester 1 tahun 2024 meningkat dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Angka persentase peningkatannya mencapai sebanyak 11,2 persen.

BACA JUGA: KAI Divre II Sumbar Batalkan 12 Perjalanan KA Minangkabau Ekspres, Ini Alasannya

Berdasarkan catatan KAI Divre III Palembang, pada periode 1 Januari hingga 30 Juni 2024, volume penumpang sebanyak 505.634 orang.

Jumlah tersebut merupakan keseluruhan dari operasional KA Ekonomi Bukit Serelo relasi Kertapati-Lubuk Linggau (PP), KA ekonomi Ekspres Rajabasa relasi Kertapati - Tanjung Karang, dan KA komersial Sindang Marga relasi Kertapati-Lubuklinggau (PP) dengan rata-rata ketersediaan tempat duduk 2. 374 setiap harinya.

BACA JUGA: Kemenhub: 9.475 Orang Gunakan Kereta Api saat Momen Lebaran 2024 di Sulsel

Pada periode yang sama tahun sebelumnya, volume penumpang di KAI Divre III tercatat sebanyak 437.635 orang.

Manager Humas KAI Divre III Palembang Aida Suryanti mengungkapkan terjadi peningkatan volume penumpang sebanyak 67.999 atau meningkat 11,2 persen pada periode semeseter 1 2024 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

BACA JUGA: Hadiri Rakor Bersama KPPIP, Pj Gubernur Elen Setiadi Dorong Realisasi PSN di Sumsel

"Peningkatan penumpang ini menunjukkan kepercayaan masyarakat untuk memilih kereta api sebagai transportasi dalam bepergian karena adanya peningkatan pelayanan yang KAI Divre III lakukan," ungkap Aida melalui keterangan resminya yang diterima JPNN.com, Rabu (10/7).

Peningkatan pelayanan tersebut, lanjut Aida menambahkan, seperti kemudahan dalam pemesanan tiket online yang bisa dipesan H-45 sebelum keberangkatan sehingga masyarakat pelanggan kereta api dapat merencanakan perjalanannya dengan baik.

Selain itu, KAI Divre III Palembang juga menyediakan pengembalian dana pembatalan tiket maksimal 7 hari dari sebelumnya 30 hingga 45 hari dengan proses pembatalan dapat dilakukan melalui aplikasi Access by KAI.

"Masyarakat dapat melakukan pembatalan paling lambat dua jam sebelum keberangkatan atau selambatnya 30 menit sebelum keberangkatan di loket stasiun dengan bea pembatalan 25 persen per tiket yang dibatalkan dan peningkatan fasilitas pelayanan pelanggan di stasiun," terang Aida.

Untuk meningkatkan pelanggan agar dapat senantiasa menggunakan moda transportasi kereta api, KAI Divre III juga terus meningkatkan fasilitas pelayanan pelanggan di stasiun, di antaranya dengan menyediakan arena bermain anak dan pojok baca di ruang tunggu stasiun.

Untuk periode angkutan libur Iduladha 1445 H dilanjut dengan liburan sekolah tahun ajaran 2023/2024, dari 13 Juni sampai 16 Juli 2024 tiket yang sudah terjual sebanyak 98.166 tiket atau 119 persen dari ketersediaan tempat duduk, yaitu 82.616 dalam periode tersebut.

Selain itu, hingga 9 Juli 2024 pukul 10.00, KAI Divre III Palembang telah mengangkut 84.103 penumpang dari 8 stasiun keberangkatan penumpang, yaitu Stasiun Kertapati, Payakabung, Prabumulih, Muara Enim, Lahat, Tebing Tinggi, Kota Padang dan Lubuk Linggau, dengan stasiun keberangkatan dari Kertapati serta Lubuk Linggau yang banyak naik turun penumpang.

Berbekal semangat melayani, KAI Divre III Palembang berkomitmen terus meningkatkan fasilitas pelayanan pelanggan dengan harapan minat masyarakat semakin besar untuk menggunakan transportasi massal kereta api yang aman, nyaman, selamat, dan tepat waktu.

"KAI Divre III Palembang juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaannya serta kesetiaan masyarakat yang telah memilih transportasi kereta api sebagai pilihan utama untuk mendukung mobilitas," ucap Aida. (mcr35/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Cuci Hati

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler