Jenderal Andika: Jangan Sampai Bapak Ibu Kena Tipu, Tidak Ada Sama Sekali Soal Uang

Rabu, 07 Juli 2021 – 09:03 WIB
KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa. Foto: Tangkapan layar video di akun TNI AD di YouTube.

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa menjelaskan bahwa proses penerimaan calon prajurit TNI AD tidak dipungut biaya apa pun.

Sebab, ujar Jenderal Andika, sistem penerimaan TNI AD transparan dan terbuka.

BACA JUGA: Brigjen Tatang dan Ibunya Berpose Bareng Jenderal Andika, Lalu Ada Air Mata

"Semua ditentukan oleh kemampuan calon prajurit itu sendiri," ujar Jenderal Andika sebagaimana dilihat di siaran resmi TNI AD di YouTube, Rabu (7/7).

Penegasan ini disampaikan Jenderal Andika saat bersama jajaran ketua panitia penerimaan calon taruna Akademi Militer (Akmil) 2021 melakukan teleconferene dengan para orang tua atau wali calon taruna.

BACA JUGA: Effendi Simbolon: Figur Itu Beririsan dengan Jenderal Andika Perkasa

Teleconference itu berlangsung di 76 titik yang tersebar di seluruh Markas Kodam hingga Korem TNI AD.

Jenderal Andika dalam kesempatan itu memberikan pengarahan kepada para orang tua atau wali calon taruna terkait proses penerimaan calon prajurit TNI AD.

BACA JUGA: Panglima TNI: Kalau tidak Waspada, Kita Bisa Kena

Selain itu, mantan Pangdam XII/Tanjungpura (Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah) itu juga memberikan nomor handphone untuk pengaduan.

"Pertama, saya ingin coba ditampilkan nomor handphone (pengaduan) dan pejabat. Saya ingin semuanya mencatat," pinta mantan Komandan Pasukan Pengaman Presiden (Danpaspampres) itu.

Jenderal Andika memberikan nomor handphone pengaduan dan para pejabat di lingkungan Mabesad.

Antara lain nomor Aspers Kasad, Waaspers Kasad Bid Renpers, dan Paban III/Binteman. Kemudian, nomor hotline yang langsung tersambung ke Mabesad.

Jenderal Andika menjelaskan maksudnya memberikan nomor handphone dan pejabat di staf personel Mabesad agar apabila ada apakah itu anggota TNI AD atau bukan tetapi mengeklaim bisa membantu dengan cara meminta uang, orang tua atau wali calon taruna bisa melapor ke nomor-nomor tersebut.

"Karena apa, karena memang tidak ada. Mendaftar dan menjadi peserta seleksi untuk menjadi calon Taruna Akademi Militer itu tidak dipungut biaya sama sekali,” kata Jenderal Andika.

Lebih lanjut Jenderal Andika menyatakan bahwa pihaknya akan berusaha transparan dan terbuka dalam proses penerimaan taruna Akmil ini.

Mantan Pangkostrad itu mengatakan bahwa pihaknya memberikan peluang kepada semuanya.

"Tidak ada yang spesial, semua bisa masuk dan pasti kami memilih mereka-mereka yang memenuhi syarat," ungkap lulusan Akmil 1987 itu.

Terakhir, Jenderal Andika mengatakan bahwa pengarahan ini diberikan agar tidak ada para orang tua atau wali calon taruna yang kena tipu.

"Jangan sampai ada bapak ibu yang nanti kena tipu, karena apa? Karena di sinilah kami mengumumkan tidak ada sama sekali soal uang. Bapak ibu siapkan saja putranya. Kalau putranya lulus, pasti kami akan terima,” kata Jenderal Andika Perkasa. (boy/jpnn) 


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler