Jenderal Dudung Bersumpah di Bawah Alquran

Rabu, 17 November 2021 – 15:19 WIB
Presiden Joko Widodo resmi melantik Letjen Dudung Abdurachman sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad). Acara pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (17/11). Foto: YouTube/Sekretariat Presiden

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Jokowi resmi melantik Letjen Dudung Abdurachman sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad).

Acara pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat pada Rabu (17/11).

BACA JUGA: Ditinggal Istri ke Arab, OS Berbuat Nekat, Pengendara di Tol Heboh

Upacara pelantikan dibuka dengan lagu Indonesia Raya.

Sekretaris Militer Presiden Marsda M Tonny Harjono kemudian membacakan surat Keputusan Presiden (Keppres) mengenai pemberhentian Jenderal Andika Perkasa sebagai Kasad sekaligus pengangkatan Letjen Dudung Abdurachman sebagai pemimpin angkatan darat bersenjata itu.

BACA JUGA: 17 Kali Berbuat Dosa, 2 Pemuda Ditangkap Polisi

Setelah pembacaan Keprres, rohaniwan membawa Alquran dan mengangkatnya di atas kepala Dudung.

Presiden Jokowi lalu mendiktekan sumpah jabatan terhadap mantan Pangkostrad itu.

BACA JUGA: Fadli Zon Mengkritik Jokowi, Barikade 98 Bereaksi, Prabowo Diberi 2 Opsi

"Demi Allah, saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara," kata Letjen Dudung Abdurachman mengikuti arahan Presiden Jokowi.

"Bahwa, saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan penuh dengan rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit," sambungnya.

Setelah pembacaan sumpah jabatan, Letjen Dudung Abdurachman melakukan penandatanganan berita acara pengangkatan sumpah jabatan Kasad.

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga diminta untuk mendekati meja itu sekaligus meneken berita acara.

Setelah penekenan berkas itu, Presiden Jokowi mengganti tanda pangkat di bahu Dudung dari sebelumnya bintang tiga menjadi empat.

Pejabat asal Solo itu juga menyerahkan tongkat komando Kasad kepada Dudung.

Upacara pengangkatan Dudung dilakukan dengan undangan terbatas dan protokol kesehatan.

Sejumlah pejabat negara turut hadir, di antaranya Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin, Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri, Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala BIN Budi Gunawan. (tan/jpnn)


Redaktur : Dedi Yondra
Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler