Jenderal Idham Azis Terbitkan 9 Telegram, Ada Pergantian Jabatan Strategis

Selasa, 17 November 2020 – 17:39 WIB
Kapolri Jenderal Idham Azis. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kapolri Jenderal Idham Azis melakukan mutasi besar-besaran di jajaran perwira menengah dan perwira tinggi di sejumlah wilayah.

Perombakan jabatan di antaranya terjadi di Polda Metro Jaya dan Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri.

BACA JUGA: Perintah Terbaru Jenderal Idham Azis, Seluruh Anggota Polri Harus Tahu

Perombakan besar-besaran dilakukan Jenderal Idham Azis yang tak lagi memasuki masa pensiun sebagai Kapolri pada Januari 2021 nanti.

Ada sembilan surat telegram dikeluarkan Jenderal Idham, yakni ST/3228/XI/KEP./2020, ST/3229/XI/KEP./2020, ST/3230/XI/KEP./2020, ST/3231/XI/KEP./2020, ST/3232/XI/KEP./2020, ST/3233/XI/KEP./2020, ST/3234/XI/KEP./2020, ST/3235/XI/KEP./2020, ST/3236/XI/KEP./2020, tertanggal 16 November 2020 yang ditandatangani oleh AS SDM Kapolri Irjen Sutrisno Yudi Hermawan atas nama Kapolri.

BACA JUGA: 7 Fakta Gadis Cantik Korban Pembunuhan di Semarang, Nomor 5 Masyaallah

Dalam telegram itu, posisi Kapolres Metro Jakarta Selatan bakal dijabat Kombes Aziz Andriansyah. Dia menggantikan Kombes Budi Sartono karena dipindahkan ke Anjak Madya Bidang Pidnarkoba Bareskrim Polri dalam rangka Dikreg XLVIII Sesko.

Kemudian, Kapolres Metro Jakarta Barat akan dijabat Kombes Ady Wibowo yang menggantikan Kombes Audie Latuheru yang akan Dikreg XLVIII Sesko.

BACA JUGA: Soal Pemanggilan Anies dan Habib Rizieq, Kalimat Ruhut Sitompul Menohok

Selanjutnya, Kapolres Metro Bekasi akan diisi oleh Kombes Aloysius Suprijadi yang menggantikan posisi dari Kombes Wijanarko.

Berikutnya Kapolres Metro Depok juga mengalami rotasi, posisi itu diisi Kombes Imran Edwin Siregar. Kombes Hendri Fiuser yang saat ini menjabat Kapolresta Bogor akan digantikan oleh Kombes Susatyo Purnomo Condro. Kombes Susatyo sebelumnya menjabat Direktur Narkoba Polda Banten.

Dari gerbong mutasi itu, Idham juga mengganti posisi Kepala Biro Pengawasan Penyidikan (Karowassidik) Bareskrim Polri.

Karowassidik yang tadinya dijabat oleh Brigjen Roycke Harry Langie digantikan oleh Brigjen Iwan Kurniawan. Roycke diangkat menjadi Wakapolda Bali.

Kemudian, posisi Kepala Biro Pembinaan Karier (Karobinkar) SSDM Polri yang tadinya diisi oleh Brigjen Suwondo Nainggolan, digantikan oleh Kombes Bariza Sulfi.

Kombes Bariza Sulfi sendiri sebelumnya menjabat Kabagmutjab Robinkar SSDM Polri. Sedangkan, Suwono dirotasi menjadi Kakorbinmas Baharkam Polri.

Posisi Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri juga mengalami perubahan. Jabatan strategis itu akan diisi oleh Brigjen Andi Rian R. Djajadi yang sebelumnya menjabat sebagai Karo Korwas PPNS Bareskrim Polri.

Sementara, Brigjen Ferdy Sambo yang saat ini menjabat Dir Tipidum Bareskrim Polri dipromosikan menjadi Kadiv Propam Polri.

Dalam telegram itu juga terdapat nama seperti Komjen Antam Novambar, Irjen Immanuel Larosa, Irjen Raja Erizman, Irjen Djoko Mulyono, dan para pati lain yang dimutasi menjadi pati Polri karena persiapan pensiun.

Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Awi Setiyono mengatakan, rotasi dan mutasi jabatan di internal Polri adalah hal yang lumrah terjadi.

“Ini adalah hal biasa, sebagai penyegaran organisasi, baik tour of duty maupun tour of area," kata Awi dikonfirmasi, Jakarta, Selasa (17/11). (cuy/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler