Jika Ibu Pengutil Cokelat di Alfamart Kleptomania, Bisa Dipidana?

Senin, 15 Agustus 2022 – 18:03 WIB
Reza Indragiri komentari kasus ibu pengutil cokelat paksa kasir Alfamart minta maaf. Ilustrasi Foto: Andika Kurniawan/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kasus kasir Alfamart yang dipaksa meminta maaf oleh ibu pengutil cokelat tengah viral di media sosial.

Pakar psikologi forensik Reza Indragiri Amriel mengatakan polisi harus mengusut kasus tersebut guna mengetahui apakah ibu pengutil cokelat itu pengidap kleptomania atau bukan.

BACA JUGA: Ibu Pengutil Cokelat Paksa Kasir Alfamart Minta Maaf, Ini Analisis Reza Indragiri

"Dahulu orang gampang sebut klepto (kleptomania, red) kepada para pencuri. Padahal, ciri klepto antara lain adalah barang yang dicuri nilainya jauh di bawah kemampuan si pencuri," kata Reza kepada JPNN.com, Senin (15/8).

Jika ibu pengutil cokelat itu pengidap kleptomania, apakah dia bisa terbebas dari pidana?

BACA JUGA: Bharada E Justice Collaborator yang Dilindungi LPSK, Ronny Talapessy Ungkap Fakta Ini

Menurut Reza, hasil pemeriksaan psikiater terhadap pengutil cokelat itu bakal jadi pertimbangan hakim nantinya.

"Tetap hakim yang memutuskan apakah kondisi itu akan membuat yang bersangkutan bebas atau diringankan hukumannya," ujar penyandang gelar MCrim (Forpsych-master psikologi forensik) dari Universitas of Melbourne Australia itu.

BACA JUGA: Karyawan Alfamart Minta Maaf Kepada Pengutil Cokelat, Hotman Paris Geram!

Sebelumnya, video kasir Alfamart di daerah Cisauk, Tangerang Selatan, Banten, dipaksa meminta maaf kepada ibu pengendara Mercy, viral.

Dalam video itu, Pegawai tersebut dipaksa membaca permohonan maafnya dengan diapit oleh ibu tersebut dan pengacaranya, Minggu (14/8).

Ibu itu marah lantaran merasa dipermalukan akibat video pegawai Alfamart yang memergokinya mengutil cokelat itu viral di media sosial.

Peristiwa ini terjadi sehari sebelumnya. Pegawai Alfamart memergoki seorang perempuan mengutil cokelat yang diletakkan di depan kasir.

Cokelat itu dimasukkan ke dalam tas oleh ibu tersebut tanpa membayar. Pegawai itu pun mengikuti si ibu ke tempat parkir, yang ternyata menyetir Mercy.

Sambil meminta cokelat itu kembali, si pegawai memvideokan kejadian tersebut. Namun, ibu itu justru marah-marah.

BACA JUGA: Ibu Pengutil Cokelat di Alfamart Diduga Tunggangi Mercedes-Benz Model Ini, Wow Banget

Ibu pengutil cokelat itu pun tak bisa berkelit dan membayar barang-barang yang sudah diambilnya.

Video itu selanjutnya viral di media sosial. Hal itu membuat marah ibu itu. Dia datang bersama pengacara dan bersiap melaporkan pegawai Alfamart dengan ancaman UU ITE, jika tidak mau meminta maaf. (cr1/jpnn)


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Dean Pahrevi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler