Jika Pengisian DRH Diperpanjang, Honorer Lulus PPPK 2023 Rugi Besar

Rabu, 27 Desember 2023 – 11:23 WIB
Pengisian DRH merupakan tahapan sebelum penetapan NIP PPPK 2023. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Pengisian daftar riwayat hidup (DRH) NIP PPPK 2023 merupakan tahapan krusial yang tidak boleh disepelekan para peserta yang sudah dinyatakan lulus seleksi.

Sesuai jadwal yang sudah ditetapkan Panselnas CASN, tahapan pengisian DRH NIP PPPK 2023 dilakukan mulai 16 Desember 2023 hingga 14 Januari 2024.

BACA JUGA: Said Abdullah PDIP Minta Pemerintah Segera Mengangkat PPPK Menjadi PNS

Memang, jika dibandingkan seleksi PPPK 2022, tahapan pengisian DRH NIP PPPK 2023 relatif lebih lama. Namun, tetap saja tidak boleh disepelekan.

Diketahui, tahapan pengisian DRH NIP PPPK 2022 dimulai 15 April sampai 4 Mei 2023.

BACA JUGA: Inilah Beragam Alasan Pembatalan Kelulusan PPPK 2023, Hasil Optimalisasi pun Dianulir

Saat itu, menjelang berakhirnya jadwal pengisian DRH penetapan NIP PPPK guru 2022, banyak honorer yang masih mengalami kendala, antara lain tidak bisa mengakses server pengisian DRH.

Hingga hari terakhir jadwal pengisian DRH NIP PPPK 2022, ternyata banyak yang gagal mengakhiri proses pada tahapan krusial ini.

BACA JUGA: Seluruh Guru Honorer K2 Lulus PPPK 2023, Nilai di Bawah P3 pun Lolos

Padahal, kata Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian (Sinka) BKN Suharmen kepada JPNN.com, 14 Januari 2022, pengisian DRH penting sebagai pintu pertama pemberkasan penetapan NIP PPPK guru.

Suharmen BKN mengungkapkan, masalah jaringan seringkali menjadi kendala pengisian DRH.

Saat itu, BKN akhirnya memperpanjang waktu pengisian DRH untuk penetapan NIP PPPK guru 2022.

Keputusan tersebut tertuang dalam surat BKN terbaru Nomor 4648/B-MP.01.01/SD/D/2023 tertanggal 4 Mei 2023.

Pengisian DRH NIP PPPK guru 2022 yang semula disampaikan mulai 15 April sampai 4 Mei 2023 diperpanjang hingga 13 Mei 2023.

Usul penetapan NIP PPPK yang semula disampaikan mulai 28 April sampai 22 Mei 2023 diperpanjang hingga 31 Mei 2023.

Deputi Suharmen mengatakan, perpanjangan ini dikarenakan masih ada beberapa instansi yang belum selesai mengisi DRH.

Perpanjangan waktu tersebut disambut secara beragam. Dewan Pembina Forum Honorer Nonkategori Dua Indonesia (FHNK2I) Raden Sutopo Yuwono menyampaikan rasa gembiranya karena usulannya dikabulkan.

"Alhamdulillah, permintaan kami agar diperpanjang tujuh hari dikabulkan menjadi sembilan hari. Mudah-mudahan perpanjangan ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh guru honorer," kata Sutopo kepada JPNN.com, Jumat (5/5).

Sementara, Ketua Guru Lulus Passing Grade Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (GLPGPPPK) Kabupaten Kebumen Musbihin mengungkapkan kekecewaannya.

Alasannya, mereka sudah berusaha untuk menyelesaikan pengurusan dokumen lebih cepat. Namun, ternyata jadwal pengisian DRH diperpanjang.

Dia khawatir dokumen seperti SKCK yang sudah diurus dan diunggah di DRH NIP PPPK guru 2022 akan kedaluarsa.

Musbihin memperkirakan, dengan perpanjangan ini maka mereka baru bisa menerima NIP PPPK Juni atau Juli. Untuk SK PPPK bisa jadi diterima sekitar Juli atau Agustus.

"Sepertinya ini ada sinyalemen dari daerah-daerah menghindari gaji ke-13 ya. Jadi, guru PPPK angkatan 2022 tidak bisa menerima THR dan gaji ke-13. Nasib, nasib," kata Musbihin saat itu.

Alasan Perpanjangan Pengisian DRH PPPK 2023

Alasan Panselnas CASN memperpanjang waktu pengisian DRH NIP PPPK Guru 2022, terungkap dalam dialog interaktif yang digelar BKN, Jumat, 5 Mei 2023.

Dialog bertitel Tanya Jawab PPPK 2022 itu disiarkan live di chanel YouTube BKN.

Auditya Nugraha Dhaspito, Pranata Komputer Ahli Madya Direktorat Pengembangan SIASN BKN, yang hadir sebagai narasumber, membeberkan sejumlah alasan mengapa jadwal pengisian DRH diperpanjang.

Pertama, Auditya menyebut masih ada sekitar 20 persen peserta yang belum mengisi DRH.

"Sebanyak 80 persen sudah mengisi DRH. Perpanjangan DRH ini khusus PPPK Guru," ujar Auditya.

Kedua, perpanjangan jadwal pengisian DRH juga atas usulan sejumlah pemda.

Pasalnya, muncul kendala-kendala teknis yang dialami peserta seleksi PPPK Guru 2022 dalam pengurusan Surat Keterangan Kesehatan, SKCK, dan lainnya.

Ketiga, ada beberapa kasus peserta yang username dan password-nya diketahui pihak lain dan disalahgunakan.

Pihak lain ini tega menyatakan sebagai peserta yang mengundurkan diri, padahal peserta yang asli tidak mengundurkan diri.

"Ada yang password dan username-nya ada di tangan orang lain, menyatakan mengundurkan diri, padahal yang bersangkutan tidak mengundurkan diri. Ini yang perlu dicek lagi," ujar Auditya mengungkap fakta mencengangkan ini.

Berry Barusman selaku moderator dialog menambahkan bahwa perpanjangan jadwal DRH PPPK Guru 2022 ini justru dikeluhkan sebagian peserta seleksi yang tertib jadwal.

Mereka protes lantaran sudah berjibaku dan gerak cepat mengurus dokumen untuk pengisian DRH agar tidak melampuai tenggat waktu, tetapi ternyata jadwal malah diperpanjang.

Berry, Pranata Humas Ahli Pertama BKN itu, berharap keputusan perpanjangan jadwal DRH PPPK Guru 2022 bisa dimaklumi, sebagai solusi untuk optimalisasi pengisian formasi.

Nah, para peserta seleksi PPPK 2023 yang sudah dinyatakan lulus, sebaiknya cepat dan cermat dalam melakukan pengisian DRH.

Jika banyak masalah, bukan tidak mungkin masa pengisian DRH diperpanjang seperti pada seleksi PPPK 2022.

Andai hal itu terjadi, penetapan NIP PPPK 2023 bisa molor. Honorer yang sudah dinyatakan lulus seleksi PPPK 2023 rugi sendiri. (sam/jpnn)


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler