JMFW 2023 Segera Hadir, Kemendag Wujudkan Indonesia Sebagai Pusat Fesyen Muslim Dunia

Kamis, 30 Juni 2022 – 19:23 WIB
Kementerian Perdagangan menyelenggarakan Road to JMFW 2023 Seri Bandung. Foto: Dokumen Humas

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengajak generasi milenial pegiat fesyen menghidupkan kembali Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2023 pada 20–22 Oktober 2022.

Salah satu upaya yang dilakukan ialah menggaet milenial di Jawa Barat melalui Road to JMFW 2023 Seri Bandung.

BACA JUGA: Anda Kenal Mantan Anggota Polri Ini? Kini Mendekam di Balik Jeruji, Kasusnya Bikin Miris Hati

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Didi Sumedi mengatakan upaya menggaungkan JMFW 2023 terus dilakukan Kemendag melalui serial kegiatan ‘Road to JMFW 2023’.

"Sebagai negara dengan populasi muslim terbesar, Indonesia sangat berpotensi menjadi pusat fesyen muslim dunia. Bonus demografi Indonesia harus dimanfaatkan, salah satunya melalui partisipasi generasi milenial dalam pengembangan fesyen muslim yang dinamis,” ujar Didi, Kamis (30/6).

BACA JUGA: Polisi Ungkap Hasil Tes Urine Pembunuh dan Pemerkosa Siswi SMP di Langkat, Ternyata

Adapun kegiatan seminar dan kurasi Road to JMFW 2023 Seri Bandung akan diteruskan dengan seri kota lainnya, yakni Medan, Semarang, Surabaya, dan Yogyakarta.

Didi menjelaskan Indonesia merupakan pasar terbesar keenam dunia untuk produk modest fashion dan fesyen muslim.

BACA JUGA: Bisnis Pakaian Sedang Naik Daun, Ternyata Ini Rahasia Merek Fesyen Lokal

Indonesia bersaing dengan Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Turki, Irak, dan Malaysia. Indonesia juga salah satu eksportir utama dunia untuk produk modest fashion dan fesyen muslim bersama Tiongkok, India, Turki, Italia, Vietnam, Banglades, dan Spanyol.

Berdasarkan skor indikator ekonomi oleh Global Islamic Economy Indicator (GIEI), Indonesia ada di peringkat ketiga sebagai negara yang berpotensi mengembangkan produk modest fashion setelah Uni Emirat Arab dan Turki.

Road to JMFW 2023 Seri Bandung juga menyelenggarakan pameran busana dengan tema ‘ACCULTOURISHION = Acculturation of Tourism and Fashion’, di Nimo Highland, Pangalengan, Bandung

Pameran busana diselenggarakan oleh Nimo Highland berkolaborasi dengan Indonesia Fashion Institute (IFI), Universitas Kristen Maranatha, Politeknik Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil (STTT), Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung, dan TELKOM University.

Bersamaan dengan Trade Expo Indonesia 2022

Road to JMFW 2023 Seri Bandung terdiri atas rangkaian seminar dan kurasi.

Tujuannya, ialah menyeleksi peserta yang akan tampil di acara puncak JMFW 2023 di ICE BSD, Tangerang, Banten, 20–22 Oktober 2022.

JMFW 2023 dilaksanakan Kemendag bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, sedangkam pelaksanaan JMFW 2023 sendiri diagendakan berbarengan dengan Trade Expo Indonesia (TEI) 2022.

“Penyelenggaraan JMFW 2023 yang bersamaan dengan agenda Trade Expo Indonesia merupakan momentum promosi produk fesyen muslim Indonesia ke dunia. Untuk itu, kami mengajak para pelaku industri dalam negeri untuk turut ambil bagian dalam menyukseskan JMFW 2023,” tutup Didi. (mcr28/jpnn)


Redaktur : Budianto Hutahaean
Reporter : Wenti Ayu Apsari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler