Jokowi Apresiasi Kontribusi Besar NU Merawat Keutuhan NKRI

Kamis, 28 Februari 2019 – 11:07 WIB
Joko Widodo. Foto: Oji/Humas

jpnn.com, BANJAR - Presiden Joko Widodo menyampaikan apresiasi atas kontribusi besar Nahdlatul Ulama (NU) dalam merawat keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Jokowi, panggilan presiden, mengungkap hal tersebut saat membuka Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama sekaligus Konferensi Besar (Konbes) NU 2019 di Pondok Pesantren Miftahul Huda Al-Azhar, Kota Banjar, Jawa Barat, Rabu (27/2).

BACA JUGA: Ketua Komisi di MUI: Jokowi - JK Tidak Pernah Kriminalisasi Ulama

Suami dari Iriana itu membuka kembali sejarah warga nahdiyin yang berada di garis terdepan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

“NU sebagai jamiyah diniyah Islamiah terbesar di Indonesia dan bahkan di dunia sudah memberikan kontribusi yang sangat besar dalam perjuangan, menjaga, dan merawat Indonesia yang kita cintai bersama,” katanya.

BACA JUGA: Bandara Wiriadinata Rampung, Jokowi Bakal Perintahkan Garuda Terbang ke Tasik

Jokowi menyebut NU selalu berupaya mempertahankan dasar negara Pancasila dari pihak-pihak yang ingin mempertentangkannya dengan Islam.

NU sendiri memandang bahwa Pancasila merupakan solusi kebangsaan yang menjadi konsensus berbangsa dan bernegara sejak Indonesia merdeka.

BACA JUGA: Jokowi: Pemerintah Punya Banyak Program Ekonomi Rakyat

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga menyampaikan apresiasi atas tema yang dipilih dalam Munas Konbes yaitu “Memperkuat Ukhuwah Wathaniyah untuk Kedaulatan Rakyat”.

"Tema ini sangat penting karena menegaskan komitmen yang kuat dari NU untuk menguatkan ukhuwah wathaniyah demi kedaulatan bangsa," pungkas Jokowi. (adk/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Peneliti: Kartu Prakerja Jalan Keluar Buat Masalah Pendidikan dan Dunia Kerja


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Jokowi   NU   Nahdlatul Ulama  

Terpopuler