Jokowi Bertemu PM Papua Nugini, Bahas Keamanan hingga Perdagangan

Senin, 15 Juli 2024 – 15:12 WIB
Presiden Joko Widodo saat menerima kunjungan Perdana Menteri Papua Nugini James Marape di Istana Kepresidenan Bogor, pada Senin (15/7). Foto: Ryana Aryadita/JPNN

jpnn.com, BOGOR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan Perdana Menteri Papua Nugini James Marape di Istana Kepresidenan Bogor, pada Senin (15/7).

Jokowi mengaku senang karena PM Marape dapat kembali berkunjung ke Indonesia.

BACA JUGA: Donald Trump Ditembak, Presiden Jokowi Bereaksi Begini

Dalam pertemuannya, keduanya membahas sejumlah hal termasuk soal kerja sama bilateral. Yang pertama, adalah perjanjian kerja sama pertahanan sangat penting untuk memperkuat keamanan kedua negara.

“Indonesia juga menyambut baik pelaksanaan join bisnis forum yang kedua dan penandatanganan 2 MoU lintas batas darat untuk angkutan penumpang dan barang,” ucap Jokowi kepada wartawan.

BACA JUGA: Pengamat Militer: Pernyataan Prabowo Logis, Jangan Dibenturkan dengan Program Jokowi

MoU itu disebut penting untuk meningkatkan ekonomi dan mempererat hubungan antara warga di perbatasan.

“Saya juga kembali menyampaikan pentingnya kelanjutan pembahasan preferential trade agreement (PTA) untuk meningkatkan perdagangan dua negara,” kata dia.

BACA JUGA: Jokowi Menilai JLC di Lampung Bisa Mewujudkan Visi Indonesia E

Selain itu, keduanya juga memperbarui perjanjian kerja sama kesehatan dan penandatanganan kerja sama di bidang pendidikan untuk mempererat kolaborasi.

Eks Gubernur DKI Jakarta itu juga mengaku berkomitmen untuk mendukung pembangunan Papua Nugini dan negara Pasifik lainnya.

“Di mana berbagai program hibah telah dilakukan dan masih terus berjalan seperti renovasi rumah sakit di Port Moresby,“ tuturnya. (mcr4/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pilgub Sumut, PDIP & PKS Diprediksi Bakal Bersatu Melawan Bobby Menantu Jokowi


Redaktur : Fathan Sinaga
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler