Jokowi Lantik Eks Pembantu SBY Jadi Kepala Otorita IKN Nusantara Hari Ini

Kamis, 10 Maret 2022 – 09:37 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto: arsip JPNN.com/ Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal melantik Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara pada Kamis (10/3) sore nanti.

Rencana pelantikan eks pembantu Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Kabinet Indonesia Bersatu II itu bakal dilakukan Jokowi di Istana Negara Jakarta.

BACA JUGA: Peringatan Keras Jaksa Agung: Saya Akan Mencopot Jabatan Saudara

Sesuai agenda yang disampaikan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, acara itu bakal didahului pelantikan Andi Sudirman Sulaiman sebagai gubernur definitif Sulawesi Selatan.

"Kemudian untuk posisi Kepala Otorita IKN dijabat oleh Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN," ucap Heru Budi Hartono di Jakarta.

BACA JUGA: BS Dikabarkan Jadi Kepala Otorita IKN, Mardani PKS Merespons, Pakai Frasa Beban Berat

Andi Sudirman Sulaiman bakal dilantik menjadi Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) sisa masa jabatan Tahun 2022—2023 menggantikan Nurdin Abdullah yang terjerat kasus korupsi.

Pelantikan ketiga pejabat negara tersebut akan disiarkan secara langsung oleh Sekretariat Presiden melalui kanal YouTube mulai pukul 14.45 WIB.

BACA JUGA: Tersangka Pengaturan Skor Ini Bawa Daftar Nama, yang Merasa Terlibat Siap-Siap

"Diawali terlebih dahulu prosesi pelantikan Gubernur Sulawesi Selatan," kata Heru.

Profil Bambang Susantono

Bambang Susantono merupakan Wakil Menteri Perhubungan 2009-2014 dan pernah menjadi pelaksana tugas Menteri Perhubungan di era SBY itu.

Dia juga pernah menjabat sebagai Deputi Menko Perekonomian Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah pada tahun 200-2010.

Pria kelahiran 4 November 1963 itu adalah lulusan Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 1987 dan berkarier sebagai pegawai negeri di Departemen Pekerjaan Umum.

Bambang memperoleh gelar master tata kota dari University of California, Berkeley pada 1996 dan master bidang transportasi dari universitas yang sama pada tahun 1998.

BACA JUGA: Kiai Miftachul Akhyar Mundur dari Ketum MUI, Anwar Abbas Kirim Surat, Isinya Mengharukan

Dia lantas mengambil doktor bidang perencanaan infrastruktur masih dari University of California.

Saat ini Bambang menjabat Wakil Presiden Bidang Manajemen dan Pembangunan Berkelanjutan di Asian Development Bank (ADB) sejak Juli 2015. (ant/fat/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler