Jokowi Lepas Ekspor Sepatu dari Batang ke Amerika Serikat, Sebegini Jumlahnya

Sabtu, 27 Juli 2024 – 12:31 WIB
Presiden Jokowi saat keterangan pers di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Jumat (26/7) malam. Foto: dokumentasi Biro Pers Istana dan Media

jpnn.com, BATANG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi melepas ekspor perdana sepatu merek Hoka ke Amerika Serikat.

Pelepasan itu dilakukan di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Jumat (26/7) malam.

BACA JUGA: Bidik Ekspor Sepatu Nasional Menapaki USD 6,5 Miliar

Sepatu-sepatu tersebut diproduksi oleh PT Yih Quan Footwear Indonesia, sebuah perusahaan alas kaki asal Taiwan yang baru saja memulai investasi pertamanya di Indonesia.

"Hari ini kami akan melepas ekspor perdana 16 ribu pasang sepatu merk Hoka ke Amerika yang diproduksi oleh perusahaan Yih Quan Footwear Indonesia, salah satu produsen alas kaki terkemuka asal Taiwan," ucap Jokowi dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (27/7).

BACA JUGA: Pj Gubernur Jateng Dampingi Jokowi Lepas Ekspor 16 Ribu Pasang Sepatu Ke Amerika

Menurut dia, operasional pabrik Yih Quan Footwear Indonesia di KIT Batang merupakan langkah penting bagi Lai Yih Group setelah 20 tahun berinvestasi di Vietnam.

Saat ini, investasi Lai Yih Group di KIT Batang ini mencapai Rp 1,7 triliun dan menjadikannya sebagai investasi padat karya pertama di kawasan tersebut.

BACA JUGA: Intip Ketangguhan 3 Seri Sepatu Sekolah dari Ortuseight

"Investasi Lai Yih Group di KIT Batang ini senilai Rp 1,7 triliun merupakan investasi padat karya pertama di KIT Batang yang mampu nantinya akan menyerap kurang lebih 13 ribu pekerja atau karyawan, termasuk tenaga kerja konstruksi," kata dia.

Acara pelepasan ekspor itu, kata Jokowi, menandai langkah penting dalam upaya pemerintah untuk mendorong ekspor dan menciptakan lapangan pekerjaan di sektor industri.

“Diharapkan industri alas kaki Indonesia dapat semakin berkembang dan memperkuat posisi negara sebagai pemain utama dalam pasar global,” tutur eks Gubernur DKI Jakarta itu. (mcr4/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jokowi Kaget Lihat Pasar Jongke yang Baru Direnovasi: Mal Saja Kalah


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Jokowi   ekspor   sepatu   Hoka   investasi  

Terpopuler