Jokowi Minta Tol Palindra Digratiskan hingga Desember

Jumat, 13 Oktober 2017 – 22:48 WIB
Presiden Joko Widodo. Foto: Biro Pers Setpres

jpnn.com, PALEMBANG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan penggunaan tol Palembang-Inderalaya (Palindra) seksi 1, tepatnya ruas Palembang-Pemulutan sepanjang 7,75 kilometer (km), kemarin (12/10).

Orang nomor satu di Indonesia itu mengungkapkan, dia dan jajarannya mendorong percepatan pengerjaan infrastruktur. Khususnya jalan tol di seluruh wilayah Indonesia.

BACA JUGA: Ruas Medan-Binjai Siap Beroperasi Bulan ini

“Tol ini akan memperkuat fondasi Indonesia dalam kompetisi di tingkat global,” kata Jokowi.

Dengan mobilitas masyarakat yang tinggi, maka kegiatan ekonomi bisa berjalan dengan cepat dan baik.

BACA JUGA: Lihat! Pak Jokowi Garap Lahan dan Tanam Sawit di Muba

Diungkap Presiden, sudah empat kali dia meninjau pengerjaan jalan tol Palindra. Semuanya bukan tanpa maksud. Pada setiap ruas tol pasti ada persoalan. Tol Palindra dengan medan rawa-rawa termasuk yang berat dalam pengerjaan konstruksinya.

Pada kunjungan sebelumnya, Presiden mendengar ada masalah pembebasan lahan. “Tapi saat ini dari laporan Menteri BUMN, persoalan tersebut sudah selesai. Bahkan, kini seksi 2 dan 3 sudah masuk tahap konstruksi,” ungkap Jokowi.

BACA JUGA: Presiden: Kalau Swasta 8 Ton, Pekebun juga Bisa

Tidak ada maksud lain dari intensnya dia meninjau megaproyek senilai triliunan rupiah itu.

“Harapan lain, secepatnya seluruh daerah terhubung,” cetus Jokowi.

Pada peresmian itu, Presiden meminta pengguna jalan tol seksi 1 yang membentang dari Desa Pegayut hingga akses Pemulutan bisa dibebaskan dulu dari tarif.

“Saya minta supaya ini dilihat dan dinikmati masyarakat di awal-awal ini sampai akhir tahun. Tolong jangan dipungut dulu. Cuma dua bulan,” imbuhnya.

Di bawah guyuran gerimis, Presiden dan para menteri meninjau fisik jalan tol Palindra seksi 1.

Jokowi usai menandatangani prasasti peresmian penggunaan jalan tol Palindra seksi 1 itu sempat guyon menanggapi pernyataan Gubernur Sumsel H Alex Noerdin kalau tol ini sangat didambakan warga Sumsel sejak zaman penjajahan.

“Saya ndak percaya, masak sejak zaman Belanda,” selorohnya.

Sebelum itu, Gubernur Sumsel H Alex Noerdin dalam sambutannya menyatakan, atas nama 8 juta warga Sumsel, dia menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang telah mewujudkan jalan tol Palindra ini.(kms/ce1)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Daftar ke KPU, Hanura Siap Jadi Peserta Pemilu 2019


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler