Jokowi Sambut Baik Bantuan Sinar Mas dan Astra Untuk Undip

Rabu, 26 Agustus 2020 – 19:19 WIB
Presiden Jokowi. Ilustrasi Foto: Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Jokowi menyebutkan peran pendidikan vokasi paling utama dalam strategi pengembangan SDM unggul.

Itu sebabnya perguruan tinggi harus memiliki ekosistem pembelajaran yang baik, penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan potensial untuk mengembangkan inovasi. 

BACA JUGA: Pak Jokowi Ingatkan Penegak Hukum Tak Manfaatkan Regulasi untuk Menakuti

Selain itu industri harus memberikan akses bagi mahasiswa untuk magang paling tidak selama satu semester.

"Kapasitas SDM harus ditingkatkan agar lebih produktif dan lebih kompetitif, dan pendidikan vokasi menempati posisi penting dalam strategi pengembangan SDM," kata Jokowi saat meresmikan Gedung Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro (Undip) secara virtual, Rabu (26/8).

BACA JUGA: Jokowi Bagikan Bantuan ke 220 Pengusaha di Aceh

Presiden berpandangan krisis kesehatan dan ekonomi yang melanda dunia, termasuk Indonesia saat ini, harus dijadikan momentum untuk mengejar ketertinggalan.

Selain itu, juga momentum untuk menyelesaikan masalah-masalah fundamental yang dimiliki dan momentum untuk melaksanakan serta mempersiapkan strategi besar terutama di bidang pengembangan SDM.

BACA JUGA: Ada Permintaan Khusus Jokowi untuk Aceh

"Di saat puncak bonus demografi sekarang ini di mana usia kerja mendominasi proporsi penduduk Indonesia, peluang kerja harus disediakan sebanyak-banyaknya," terang Jokowi yang didampingi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Dalam pengembangan SDM, lembaga pendidikan tinggi tentu menempati posisi yang sangat sentral.

Namun, kata Jokowi, harus diakui, di luar pendidikan tinggi ada industri yang langsung bekerja di lapangan, yang praktik langsung di lapangan. 

"Ada ekosistem kewirausahaan, ada research and development dan ini merupakan sumber pembelajaran yang baik bagi generasi muda, apalagi dalam pendidikan vokasional," jelasnya.

Dia menyambut baik bantuan dari Grup Sinar Mas dan Grup Astra kepada Universitas Diponegoro dalam bentuk gedung beserta infrastruktur pendukungnya untuk pendidikan vokasi di Undip.

Menurutnya, ini merupakan inisiatif yang perlu didukung dan diapresiasi. 

Meskipun demikian, presiden mengingatkan, selain penyediaan infrastruktur di dalam kampus, yang juga sangat penting adalah akses mahasiswa untuk magang, belajar sambil bekerja di dalam industri.

Bukan dalam waktu singkat 1-2 minggu, melainkan minimal selama satu semester.

"Itulah inti dari kebijakan merdeka belajar, kampus merdeka, bahwa mahasiswa diberi akses dan didukung untuk belajar kepada siapa saja dan di mana saja, yang bisa memberikan pengetahuan, yang bisa memberikan keterampilan baru yang relevan yang dibutuhkan masyarakat dan industri," paparnya.

Pemerintah sedang bekerja keras untuk membangun kawasan-kawasan industri dan salah satu kawasan industri terpenting adalah kawasan industri di sepanjang super koridor ekonomi pantai utara Jawa.

Koridor ini telah dilengkapi dengan ketersediaan akses logistik yang baik, tol darat yang sudah tersambung baik, ada tol laut, ada tol udaranya, dekat dengan pelabuhan dan bandara, serta telah dilengkapi dengan ketersediaan listrik yang melimpah di pulau Jawa. 

"Industri-industri dalam kawasan ini kami dorong untuk bekerja sama dengan lembaga-lembaga pendidikan, terutama pendidikan vokasi dan kami dorong untuk bersinergi, bekerja sama dengan para pelaku usaha kecil, usaha mikro, usaha menengah untuk membangun sinergi kekuatan nasional," tuturnya.

Presiden pun mengajak semua pihak yang terkait, pelaku industri, pelaku UMKM, dan lembaga pendidikan tinggi untuk memanfaatkan momentum pengembangan kawasan industri ini sebagai ajang sinergi untuk melakukan lompatan kemajuan.

Dia berpandangan inovasi model kerja sama harus terus dikembangkan. 

"Masing-masing pihak harus membuka diri untuk berubah, untuk menemukan cara-cara baru, untuk menemukan model kerja sama baru yang saling menguntungkan dan menghasilkan nilai tambah yang maksimal untuk perekonomian nasional kita," pungkasnya. (esy/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Jokowi   sinar mas   Astra   Undip  

Terpopuler