Jokowi Sampai Angkat Jempol Dengar Cerita Mama Papua

Jumat, 22 Desember 2017 – 20:08 WIB
Jokowi meninjau hasil kerajinan Mama Papua. Foto: Humas Kemenpppa

jpnn.com, RAJA AMPAT - Presiden Joko Widodo memuji mama-mama Papua yang bisa memberdayakan dirinya sendiri. Saat Peringatan Hari Ibu di Raja Ampat, Papua Barat, Jumat (22/12), Jokowi mendengar sendiri bagaimana perjuangan seorang Mama Papua menjadi tulang punggung ekonomi keluarga.

Mama Felly misalnya. Penjual pinang ini bisa mendapatkan hasil Rp 300 ribu hingga Rp 500 ribu dari hasil berdagang. Setiap harinya dia harus mencari pinang agar bisa jualan.

BACA JUGA: Peringati Hari Ibu di Raja Ampat, Jokowi Puji Mama Papua

"Kalau pohon pinang saya tidak berbuah terpaksa harus cari ke pulau lain," ujar Mama Felly yang tinggal di Distrik Waigeo, Kabupaten Raja Ampat, Jumat (22/12).

Jokowi pun kagum mendengar kisah Mama Papua yang satu ini. Dari hasil jualan pinang itu, Mama Felly bisa membiayai kuliah anaknya di Bandung dan Jakarta.

BACA JUGA: Ini Peran Ibu Kekinian di Mata Menko Puan

Begitu juga dengan Mama Syelina. Pedagang sagu ini rajin jualan jagu karena untuk beli semen dan batu. Di samping untuk makan sehari-hari keluarganya.

"Saya jualan sagu untuk bangun rumah, Pak Presiden. Sagunya saya cari di pulau terus jual ke pasar," terangnya.

BACA JUGA: Peran Ibu Luar Biasa, Tonggak Keberhasilan Anak

Mendengar jawaban kedua mama itu, Jokowi langsung angkat jempol. "Ini contoh pemberdayaan wanita. Mama Papua bisa menunjukkan potensinya. Kalau semua perempuan di daerah terpencil bisa seperti Mama Papua, Indonesia berjaya," ujarnya.(esy/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Fadli Zon: Ibu Adalah Guru Pertama


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Mama Papua   Jokowi   Hari Ibu  

Terpopuler