Jokowi: Semua Kabupaten Harus Memberikan Dukungan

Rabu, 30 Juni 2021 – 16:35 WIB
Presiden Jokowi mengajak seluruh pemda mendukung program satu juta vaksinasi Covid-19 per hari saat berkunjung ke Kendari, Sultra, Rabu (30/6/2021). Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, KENDARI - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak pemerintah daerah memberikan dukungan terhadap target pemberian satu juta vaksin per hari pada Juli.

Dia menilai kerja sama semua pihak juga dibutuhkan untuk mencapai target tersebut.

BACA JUGA: BEM UI Mengkritik Jokowi, BEM Unair Bereaksi, Tegas

Hal itu disampaikannya saat memberikan keterangan usai meninjau vaksinasi Covid-19 massal yang digelar di halaman Kantor Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Kota Kendari, Rabu (30/6).

Menurut Presiden Jokowi, target 1 juta vaksinasi per hari pada Juli harus dikejar. Kemudian pada Agustus ditingkatkan menjadi 2 juta per harinya.

BACA JUGA: Revisi UU ASN: Eselon I & II Daerah Diusulkan Jadi Aset Nasional, Diangkat Pemerintah Pusat

"Semua kabupaten harus memberikan dukungan dengan jumlah yang sebanyak-banyaknya sehingga target itu bisa kami lampaui karena kami memang harus mengejar angka-angka yang sudah kami kalkulasi," ucap Jokowi.

Dalam kegiatan vaksinasi tersebut, sedikitnya 1.400 masyarakat umum dan pelaku UMKM mendapatkan suntikan vaksin CoronaVac dari Sinovac.

BACA JUGA: Ismail Hasani Menilai Respons Jokowi terhadap Kritik BEM UI Tidak Substansial 

Bersamaan dengan kegiatan itu, vaksinasi massal juga dilaksanakan di sejumlah kabupaten dan kota di Provinsi Sultra.

Presiden Jokowi juga berdialog melalui konferensi video dengan perwakilan sembilan kabupaten dan kota tersebut.

Dalam dialog itu, presiden mengapresiasi kecepatan pemerintah daerah dalam melakukan vaksinasi di daerah masing-masing.

"Total target kami 43 ribu, Pak Presiden. Sampai hari ini sudah 47 persen dari target yang divaksin," ujar perwakilan dari Kabupaten Konawe Selatan melaporkan kepada presiden.

"Sudah 47 persen, sudah banyak sekali. Silakan diteruskan, dirampungkan, biar cepat membangun kekebalan komunal," timpal presiden.

Suami Iriana itu juga mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Sultra yang telah mendukung program vaksinasi nasional dan meminta agar kegiatan itu terus dilanjutkan.

"Terima kasih semuanya. Silakan dilanjutkan agar target yang sudah diberikan semuanya bisa tercapai," ucap Presiden Jokowi. (tan/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler