Jokowi Sentil BUMN yang Masih Pakai Barang Impor

Selasa, 23 Februari 2016 – 23:18 WIB
Presiden Joko Widodo. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Joko Widodo menyentil sejumlah kementerian dan BUMN yang masih menggunakan barang impor. Dalam rapat terbatas seputar Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN), di kantor presiden, Jakarta, Selasa (23/2) sore, Jokowi, panggilannya, mendorong optimalisasi produk dalam negeri terutama dalam pelaksanaan pengadaan barang/jasa oleh pemerintah.

“Kenapa ini terus ditekankan? Karena kita ingin agar beban biaya bisa dikurangi, karena tidak perlu mengimpor sehingga meningkatkan daya saing dan competitiveness industri kita di pasar dunia,” tegas presiden, seperti dikutip dari situs Sekretariat Kabinet.

BACA JUGA: Sip! Ada Kabar Baik buat Para Nelayan

Menurut Jokowi, penggunaan produk dalam negeri juga bisa memperkuat struktur industri nasional dan tentu saja bisa membuka lapangan pekerjaan hingga meningkatkan kesempatan kerja.

Presiden juga meminta agar Kementerian Perindustrian memaparkan TKDN secara lengkap, dan juga mekanisme penentuan sertifikasi TKDN.

BACA JUGA: Mau Maju, Papa Novanto Malah Disebut Tak Punya Malu

“Dan juga tidak hanya di kementerian, di BUMN-BUMN juga sudah saya sampaikan secara langsung pada Dirut, tetapi dalam pelaksanaannya juga masih banyak beberapa BUMN yang masih menggunakan produk-produk bukan dari dalam negeri,” sesal Jokowi. (adk/jpnn)

BACA JUGA: Alex Noerdin Mangkir, Ini Langkah KPK

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mantan Menpan Desak Perampingan Jumlah PNS


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler