Jokowi Siapkan Solusi Untuk Sejahterakan Nelayan

Selasa, 17 Juni 2014 – 19:17 WIB

jpnn.com - SUBANG - Calon presiden (capres) nomor urut 2, Joko Widodo beberapa kali menemui kalangan nelayan untuk menampung aspirasi. Capres yang biasa disapa Jokowi ini pun telah mengantongi beberapa solusi untuk mengatasi masalah nelayan.

Solusi pertama, yakni memperkuat modal nelayan. Menurutnya, selama ini nelayan Indonesia terlalu bergantung kepada rentenir untuk memperoleh modal.

BACA JUGA: Jokowi Akui Kalah Start Kampanye dari Prabowo

"Asas permodalan mereka itu berat sekali. Mereka sangat tergantung pada rentenir dan tengkulak besar," kata Jokowi di sela-sela kampanyenya di Subang, Jawa Barat, Selasa (17/6).

Solusi kedua, memberikan fasilitas gratis untuk nelayan seperti jaring ikan. Ketiga, merevitalisasi mesin kapal agar nelayan bisa maksimal menangkap ikan.

BACA JUGA: Pengisian Jabatan Harus Pertimbangkan Keterwakilan Kawasan

"Masalah mesin yang sudah tua, sudah 10 tahun, 15 tahun lebih nggak pernah diganti. Sehingga waktu melaut juga mereka tergqanggu," papar Gubernur DKI Jakarta ini.

Menurut Jokowi, segala macam permasalahan nelayan bisa diatasi apabila tersedia modal yang kuat. Oleh karenanya, diperlukan kebijakan pemerintah yang dapat mendukung hal tersebut.

BACA JUGA: Tim Jokowi-JK Minta KPU Konsultasi ke MK

Ia pun menawarkan konsep Bank Agro Maritim untuk meningkatkan modal nelayan.

"Harus ada yang saya sampaikan dulu Bank Agro Maritim, yang punya unit-unit di kampung nelayan," ujarnya. (dil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Anggap Prabowo-Hatta Tak Kompak soal Visi dan Misi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler