Jokowi Tinjau Kanjuruhan, Syahrial Demokrat: Presiden Mirip Jubir

Kamis, 06 Oktober 2022 – 23:14 WIB
Pintu 13 Stadion Kanjuruhan. Konon di lokasi ini ditemukan banyak Aremania yang meninggal. Foto: Ridho Abdullah/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Deputi Balitbang Partai Demokrat (PD) Syahrial Nasution menyindir pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai meninjau Stadion Kanjuruhan pada Rabu (5/10) kemarin. 

Sebab, dia merasa pernyataan Jokowi sebagai kepala negara malah seperti juru bicara Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) dalam Tragedi Kanjuruhan. 

BACA JUGA: 31 Polisi Diperiksa Terkait Tragedi Kanjuruhan, Hasilnya Langsung Dilaporkan ke Kapolri

"Menurut saya, yang disampaikan presiden adalah porsi jubir tim gabungan independen pencari fakta (TGIPF),” kata Syahrial melalui layanan pesan, Kamis (6/10). 

Dia mengatakan Jokowi sebagai pemilik wewenang bisa berbicara lebih tegas setelah mengunjungi Stadion Kanjuruhan. 

BACA JUGA: Eva Yuliana: Investigasi Tragedi Kanjuruhan Harus Menyeluruh

Adapun, kunjungan itu dilakukan setelah muncul Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang usai laga Arema FC vs Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10).

“Misalnya, Presiden dapat memerintahkan seluruh pimpinan aparat keamanan yang bertanggung jawab untuk diberhentikan. Dari penanggung jawab teknis hingga kebijakan,” kata Syahrial. 

BACA JUGA: Santoso Kritik Pernyataan Jokowi di Kanjuruhan Yang Tak Bicara Soal Gas Air Mata

Dia merasa pernyataan Jokowi setelah meninjau Kanjuruhan tidak menunjukkan empati yang mendalam terhadap ratusan korban.

Terlebih, Jokowi tidak menyinggung tentang penggunaan gas air mata dalam kunjungan ke kandang Singo Edan, julukan Arema FC.

“Ini tragedi kemanusiaan yang dapat diukur dan diantisipasi. Bukan gejala alam yang tidak dapat diprediksi, apalagi aturan FIFA soal melarang penggunaan gas air mata," ujarnya. 

Presiden Jokowi sebelumnya berbicara beberapa hal ketika meninjau Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, pada Rabu (5/10). 

Kepala negara saat meninjau Stadion Kanjuruhan malah menyoroti tentang pintu Stadion yang 

Joko Widodo secara khusus menyoroti pintu yang terkunci dan bentuk tangga tajam dalam kunjungan ke kandang Arema FC itu. 

Eks Gubernur DKI Jakarta itu saat meninjau Kanjuruhan juga menyampaikan rencana audit stadion di Indonesia, termasuk mengungkap potensi perbaikan arena sepak bola. (ast/jpnn) 

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler