Jokowi Tunjuk Basuki Jadi Plt Kepala Otorita IKN, Irwan Fecho: Keputusan Tepat

Senin, 03 Juni 2024 – 13:38 WIB
Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Demokrat Irwan Fecho. Foto/Arsip : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi V DPR RI Irwan Fecho menanggapi keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjadi pelaksana tugas (Plt) kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN).

Keputusan itu dibuat Presiden Jokowi bersamaan dengan terbitnya Surat Keputusan Presiden (keppres) tentang pemberhentian dengan hormat Bambang Susantono dari jabatan kepala Otorita IKN dan juga Dhony Rahajoe sebagai wakil Kepala Otorita IKN.

BACA JUGA: Kepala dan Wakil Otorita IKN Mundur, Jokowi Tunjuk Penggantinya

Pemberhentian dengan hormat terhadap Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe dilakukan setelah keduanya mengundurkan diri dari jabatan.

Irwan mengatakan pemberhentian dengan hormat kepala dan wakil kepala otorita IKN hal biasa saja. "Namanya mundur diri, ya, pasti akan diberhentikan dan akan dicari penggantinya," kata Irwan dikonfirmasi, Senin (3/6).

BACA JUGA: Tolong Jangan Sudutkan Mas Kaesang atas Putusan MA tentang Batas Usia Cagub-Cawagub

Menurut Irwan, keputusan Presiden Jokowi menugaskan Menteri Basuki menjadi plt kepala Otorita IKN juga sangat tepat.

"Penugasan Pak Basuki menurut saya sangat tepat karena secara defacto memang yang dari sisi anggaran, perencanaan, dan pelaksanaan pembangunan IKN di lapangan sejak awal itu, ya, sebagian besarnya ada di Kementerian PUPR," tuturnya.

BACA JUGA: Kasus Mafia Tanah yang Menimpa Nirina Zubir Tuntas, Irwan: Ini Simbol Keadilan Hukum

Irwan yang merupakan putra Kalimantan Timur (Kaltim) meyakini pengunduran diri Bambang dan Dony selaku pimpinan di Otorita IKN tidak akan mengganggu pekerjaan di lapangan.

"Pastinya tidak akan ada yang stagnan apalagi berhenti terkait koordinasi dan juga progres pembangunan IKN ke depan. Termasuk persiapan dan pelaksanaan upacara kemerdekan RI 17 Agustus 2024 di IKN," ujar ketua DPD Demokrat Kaltim itu.

Selain itu, Irwan juga terang-terangan mendukung Basuki Hadimuljono menjadi kepala Otorita IKN definitif setelah nanti tugas di Kementerian PUPR berakhir.

"Namun, itu tentu hak prerogatif presiden, ya. Saya pikir Pak Basuki sangat kompeten di situ dan menjamin IKN bisa terus berlanjut sesuai perencanaan dan harapan kita semua," tutur anak buah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Partai Demokrat itu.

Sebagai masyarakat Kaltim, Irwan juga menyampaikan terima kasih kepada Bambang dan Dony atas pengabdian mereka selama ini di Otorita IKN.

"Kami berterima kasih atas pengabdian yang luar biasa Pak Bambang dan Pak Dony selaku kepala dan wakil kepala Otorita IKN sehingga bisa progres seperti sekarang ini," ujar Irwan Fecho.(fat/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler