Jokowi Tunjuk Mantan Wakil Ketua KPK Pimpin SKK Migas

Rabu, 19 November 2014 – 13:54 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Joko Widodo menunjuk Amien Sunaryadi sebagai Kepala SKK Migas yang baru. Amien yang sebelumnya dikenal sebagai Wakil Ketua KPK di periode pertama masa kerja 2003-2007, dipercaya menggantikan posisi Johannes Widjonarko yang saat ini menjadi pelaksana tugas (Plt) Kepala SKK Migas.

Sebelumnya, Johannes menjadi Plt Kepala SKK Migas untuk menggantikan Rudi Rubiandini yang ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena menerima suap.

BACA JUGA: TNI Bantah Serang Mako Brimob Kepri

Menurut Menteri ESDM Sudirman Said, pengangkatan Amien dan pemmberhentian Johannes itu tertuang dalam Keppres 189/M/2014 tanggal 18 November 2014. "Keppres ini juga mengangkat Bapak Amien Sunaryadi sebagai Kepala SKK Migas. Saat keppres diterbitkan, Bapak Amien Sunaryadi sudah bisa kerja sebagai Kepala SKK Migas yang baru, permanen," ujar Sudirman dalam jumpa pers di kantor Kepresidenan, Jakarta, Rabu, (19/11).

Menurut Sudirman, prosedur pemilihan Amien dimulai dengan rekomendasi dari Menteri ESDM. Mulanya, menteri ESDM menyampaikan surat usulan berisi lima nama calon Kepala SKK Migas ke Komite Pengawas SKK Migas.

BACA JUGA: Ini Kondisi Mako Brimob Usai Diserang Kelompok Berbadan Tegap

Kemudian, lanjutnya, usulan nama calon Kepala SKK Migas dari menteri ESDM itu diproses oleh komite pengawas untuk diseleksi.  "Dari lima nama, dikembalikan jadi 2 nama. Dua nama itu selanjutnya disampaikan kepada Bapak Presiden untuk dipilih dan ditetapkan dengan keputusan presiden. Presiden lalu memilih Pak Amien," sambung Sudirman.

Melihat kapasitas Amien yang pernah menjabat di KPK, Amien diyakini dapat menjaga SKK Migas. Selain itu, lanjut Sudirman, Amien juga dikenal sebagai orang yang ikut mendesain sistem kerja KPK.

BACA JUGA: Mako Brimob Polda Kepri Kembali Diserang Kelompok Berbadan Tegap

"Kekuatannya sebagai orang yang sangat concern pada sistem kelembagaan sangat dibutuhkan SKK Migas. Kita butuh figur beliau untuk kembalikan kepercayaan masyarakat kepada SKK Migas dan jajaran kementerian ESDM," tegas Sudirman.

Amien yang lahir di Malang, 23 Januari 1960 dikenal sebagai sosok yang sederhana dan energik. Sebelum menjadi Wakil Ketua ketua KPK periode 2003-2007, Amien adalah mantan Kepala Sub Direktorat Pengawasan Khusus Kelancaran Pembangunan pada Deputi Bidang Pengawasan Khusus Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Pendidikan tingginya dimulai dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), Jakarta pada1982. Jada 1993,  Amien meraih Master of Professional Accountancy (MPA) pada program S-2 dari School of Accountancy pada College of Business Administration, Georgia State University, Atlanta.

Amien juga pernah mendapat penghargaan Certified Information Systems Auditor (CISA). Sertifikasi ini diberikan oleh Information System Audit and Control Foundation, USA.(flo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pegang Data, Rieke Minta Jokowi Bersihkan BUMN dari Swasta


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler