Jorge Lorenzo Luar Biasa

Senin, 03 Mei 2010 – 06:31 WIB
Jorge Lorenzo. Foto : AP
JEREZ - Persaingan perburuan gelar juara MotoGP 2010 bakal menarik hingga akhirJorge Lorenzo tampil luar biasa di negaranya sendiri untuk mendapatkan kemenangan perdana di musim ini

BACA JUGA: Timnas Deal dengan Riedl

Kemenangan yang didapatnya di Sirkuit Jerez, Minggu (2/5) membuatnya mengambil alih pucuk pimpinan klasemen dari rekan setimnya di Fiat Yamaha, Valentino Rossi.
     
Balapan seri kedua MotoGP 2010 berlangsung menarik dari awal.  Start dari posisi kedua, Lorenzo sempat turun ke urutan keempat di awal balapan
Posisi terdepan baru didapat pembalap yang besok berusia 23 tahun itu di lap terakhir setelah menjalani duel sengit dengan pemilik pole position, Dani Pedrosa (Repsol Honda).
   
Penampilan luar biasa Lorenzo mulai terlihat di pertengahan lomba

BACA JUGA: Penonton Jogja Pecah Rekor Indonesia

Setelah menyalip Nicky Hayden (Ducati Marlboro), dia mulai mendekati Rossi yang sebelumnya bertarung dengan Pedrosa di posisi terdepan
Perubahan besar dibuat Lorenzo di tujuh lap terakhir

BACA JUGA: LeBron Raih MVP Beruntun


     
Setelah melewati Rossi yang tidak prima karena cedera bahu, Lorenzo membuka persaingan dengan Pedrosa.  Di tiga lap terakhir Lorenzo sudah merapat ke Pedrosa, yang sejak start tak terkejar pembalap-pembalap lainBeberapa kali, kedua pembalap Spanyol itu membuat para penggemar MotoGP menahan napas dengan bertarung side to side.
     
Setelah gagal di beberapa kesempatan, Lorenzo akhirnya berhasil mengalahkan andalan Honda itu di lap terakhirLorenzo menyalip di tikungan 6 yang merupakan tikungan hairpin"Saya tak bisa menggambarkannyaIni adalah salah satu impian saya untuk menang di Jerez dan melakukannya dengan mengalahkan Dani, yang membuat balapan jadi sulitSungguh luar biasa," ungkap Lorenzo seperti dikutip Reuters.
     
Catatan waktu yang dibuat Lorenzo adalah 45 menit 17,538 detikLorenzo pun mengoleksi kemenangan pertamanya di musim ini, setelah di seri pertama di Qatar hanya membuntuti RossiItu adalah keemangan nomor enam dalam karirnya di MotoGP.
   
Podium tertinggi di Jerez merupakan yang pertama diraih Lorenzo di MotoGP, setelah tahun lalu gagal finis dan semusim sebelumnya berada di posisi ketigaHasil tersebut juga mengantar mantan juara dunia 250 cc itu memuncaki klasemen pembalap dengan poin dikumpulkan berjumlah 45.
     
Lorenzo merayakan kemenangannya dengan khasDia menancapkan bendera hitam lengkap dengan tanda silang sebagai tanda dia pernah menang di JerezBesarnya arti kemenangan di Jerez juga ditunjukkan Lorenzo dengan menceburkan diri ke danau yang terletak di lintasanLorenzo melakukan itu sambil masih menggunakan pakaian balap, lengkap dengan helmnya.
     
Pedrosa sendiri mengaku tak terlalu kecewa dengan lepasnya kemenangan di lap terakhir ituDia justru sempat terkejut bisa berada di posisi terdepan sampai lap terakhirpedrosa menyadari ancaman dari Lorenzo di sepuluh lap terakhir.
     
"Di sepuluh lap terakhir, saya tahu Lorenzo bisa lebih cepat hingga setengah detik dari Rossi dan sayaAkhirnya, dia jadi terlalu kuatsaya coba menahannya tapi itu tak mungkin," kata Pedrosa.
     
Hasil tersebut membuat Pedrosa setidaknya tidak lebih buruk dari rekor sebelumnya di JerezDari empat balapan sebelumnya, prestasinya tak lebih buruk dari posisi keduaPedrosa meraih kemenangan pada 2008 serta runner-up pada edisi 2006, 2007 dan 2009. (ady)



Hasil MotoGP Spanyol


15 Besar, 27 Lap


1Jorge Lorenzo, Fiat Yamaha             
2Dani Pedrosa, Repsol Honda                
3Valentino Rossi, Fiat Yamaha               
4Nicky Hayden, Marlboro Ducati               
5Casey Stoner, Marlboro Ducati
6Andrea Dovizioso, Repsol Honda
7Mika Kallio, Pramac Ducati       
8Marco Melandri, Honda Gresini
9Randy de Puniet, LCR Honda
10Alvaro Bautista, Rizla Suzuki
11Marco Simoncelli, Honda Gresini
12Colin Edwards, Tech 3 Yamaha
13Hector Barbera, Aspar Ducati
14Hiroshi Aoyama, Interwetten Honda
15Aleix Espargaro, Pramac Ducati

Klasemen Sementara Setelah 2 di Antara 18 Seri

1Jorge Lorenzo                              45 Poin
2Valentino Rossi                           41
3Dani Pedrosa                               29
4Andrea Dovizioso                        26
5Nicky Hayden                               26
6Randy de Puniet                          17
7Colin Edwards                            12
8Casey Stoner                              11
9Ben Spies                                    11
10Marco Melandri                         11
11Marco Simoncelli                     10
12Mika Kallio                                   9
13Hiroshi Aoyama                          8
14Loris Capirossi                          7
15Hector Barbera                           7

BACA ARTIKEL LAINNYA... Arema-Pelita Awali Laga 16 Besar


Redaktur : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler