Joss! Harga Lada di Tingkat Petani Naik, Nyaris 100 Persen

Selasa, 31 Agustus 2021 – 12:40 WIB
Petani lada di Kabupaten Sambas kegirangan karena harga naik nyaris 100 oersen. Foto: Antara

jpnn.com, BENGKAYANG - Petani komoditas lada putih di Kalimantan Barat saat ini sedang kegirangan. Pasalnya, komoditas itu kini terus mengalami kenaikan.

Harga lada putih ditingkat petani sebelumnya berkisar Rp 40 ribu kini mencapai Rp 76 ribu per kilogram atau naik hampir 100 persen.

BACA JUGA: Aplikasi SpiceUp, Khusus Membantu Kemajuan Petani Lada di Indonesia

"Bersyukur harga lada putih saat ini terus naik. Harga mulai di tingkat petani saat ini sudah di kisaran Rp 75 ribu-Rp 76 ribu per kilogram," ujar satu di antara petani lada di Kabupaten Bengkayang, Sabiri saat dihubungi di Bengkayang, Senin.

Sabiri menyebutkan meski harga saat ini sudah mulai tinggi namun masih fluktuatif sehingga diharapkan harga yang ada stabil dan terus naik.

BACA JUGA: Petani Lada Belitung Semringah Sambut Program Kementan

"Harapan kami harga naik dan stabil seperti dulu pernah tembus sampai Rp 100 ribu per kilogram. Dengan harga lada membaik dan naik tentu ekonomi masyarakat ikut membaik, apalagi di tengah pandemi ini," kata dia.

Sementara petani lada di Kabupaten Sambas, Tinjo menyebutkan di daerahnya harga lada yang dijual sudah mencapai Rp 78 ribu per kilogram.

BACA JUGA: Truk Pengangkut Dua Ton Lada Dirampok di Jalinsum

"Alhamdulillah saat ini harga lada mulai membaik dan sangat kita dambakan lada terus naik. Bahkan bagaimana bisa tembus Rp 100 ribu per kilogram," jelasnya.

Hanya saja kata dia, meski harga saat ini sudah membaik dari sisi produksi lada di daerahnya yakni Desa Sendoyan terkendala serangan penyakit akar kuning. Mayoritas lada milik petani mati.

"Petani lada di sini mulai berkurang lantaran lada banyak mati karena diserang penyakit akar kuning atau busuk. Belum lagi awal tahun terdampak banjir," jelas dia.

Tinjo pun meminta perhatian pemerintah agar daerahnya sebagai sentra lada di Kabupaten Sambas kembali bangkit.

Dia membeberkan daerahnya adalah sentra lada dan saat ini terkendala banyak pohon yang mati. Hanya sebagian kecil lada yang bisa bertahan.

"Lada bagi kami menjadi sumber pendapatan masyarakat. Dengan kondisi harga mahal namun produksi minim tentu juga menjadi masalah. Dulu produksi tinggi tapi sempat anjlok harga hanya di kisaran Rp 40 ribu per kilogram," kata dia.

Berdasarkan data Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalbar luas kebun lada di daerah itu sekitar 11 ribuan hektare. Sentra lada di Kalbar sendiri yakni di Kabupaten Bengkayang, Sambas, Sanggau dan Sintang. Untuk produksi lada di Kalbar sendiri sekitar 24 ribu ton biji kering. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Elvi Robia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler