JPPR: PDIP Terbanyak Mendukung Pasangan Calon Kepala Daerah

Rabu, 09 September 2015 – 21:21 WIB
Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri. FOTO: JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menjadi partai paling banyak memberi dukungan kepada pasangan calon kepala daerah dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak bulan Desember 2015.

Dari total 630 pasangan calon yang dipetakan Jaringan Pendidikan Pemilih Untuk Rakyat (JPPR), partai berlambang banteng moncong putih mendukung setidaknya 244 pasangan calon. Kemudian disusul Partai Gerindra 211 pasangan calon dan Demokrat 205 paslon.

BACA JUGA: Kader PDIP dan Golkar Calon Kuat Pimpin Liga Parlemen RI-Jepang

“Di urutan selanjutnya terhadap Partai NasDem (199 calon) PAN (195 calon), Hanura (187 paslon), PKS (162 paslon), Golkar (116 calon), PKPI (90 paslon), PBB (78 paslon) dan PPP (70 paslon),” ujar Koordinator JPPR Masykurudin Hafidz, Rabu (9/9).

Menurut Masykurudin, bila dibandingkan perolehan suara parpol di pemilu legislatif sebagai dasar pencalonan, maka dukungan yang diberikan PDIP dan PBB dalam Pilkada kali ini, sepadan.

BACA JUGA: Ibas: HBD Ya Pak SBY, Panjang Umur

Sementara dukungan yang diberikan Gerindra, Demokrat, PAN, NasDem, Hanura dan PKPI, lebih tinggi.

“Kalau Golkar, PKB, PKS dan PPP itu malah (dukungan yang diberikan dalam pilkada,red) lebih rendah bila dibanding perolehan suara dalam pemilu legislatif 2014 lalu. Kenaikan paling signifikan itu terjadi di NasDem dan Hanura. Sementara penurunan paling signifikan itu terjadi di Golkar dan PPP,” ujarnya.

BACA JUGA: Presiden Diminta Perhatikan Kelancaran Pilkada

Dari hasil pemetaan, JPPR juga merilis PDIP dan PAN merupakan partai yang paling rata dalam membangun koalisi dengan partai lain. PDIP paling banyak berkoalisi dengan NasDem (mendukung 88 paslon). Sementara Gerindra paling banyak membangun koalisi dengan PAN (76 paslon). 

“PAN sendiri paling banyak berkoalisi dengan PDIP (77 paslon). Kalau Demokrat paling banyak berkoalisi dengan PDIP (75 paslon). Sementara Hanura paling banyak berkoalisi dengan PDIP (71 paslon),” ujarnya.

Untuk PKB, menurut Masykurudin, paling banyak berkoalisi dengan NasDem (66 paslon). PKS berkoalisi degan PAN (65 paslon), Golkar berkoalisi dengan Gerindra (40 paslon), PBB paling banyak dengan PAN (34 paslon), PPP paling banyak dengan Golkar (28 paslon) dan PKPI paling banyak berkoalisi degan PAN (37 paslon).(gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... SBY: Pemerintah Harus Tertib Mengelola Negara


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler