Jubir AMIN Sebut Desak Anies Forum Demokrasi Sesungguhnya

Jumat, 08 Desember 2023 – 22:09 WIB
Anies Baswedan dalam acara Desak Anies. Foto: Tim Media AMIN

jpnn.com, JAKARTA - Dalam kampanye calon presiden Anies Baswedan, salah satu forum diskusi yang cukup menonjol dan mewarnai perjalanan Anies di berbagai daerah adalah acara Desak Anies.

Lalu apa itu Desak Anies? Desak Anies adalah sebuah program yang dibuat oleh Ubah Bareng dimana anak-anak muda bisa bertanya langsung kepada Anies Baswedan tentang apapun dan dijawab dengan langsung oleh Anies Baswedan.

BACA JUGA: Janjikan Kereta Api Doubletrack di Lampung, Anies Sebut Tanggal 17 Agustus 2025

Ubah Bareng adalah wadah perkumpulan relawan pendukung Anies-Muhaimin. Isi dari Ubah Bareng seluruhnya adalah generasi millenial dan Gen Z.

Acara Desak Anies sudah dilaksanakan di sejumlah tempat antara lain di Bandung, Jakarta hingga Banjarmasin.

BACA JUGA: Anies Kalau Terpilih jadi Presiden Akan Bangun Kereta Api Kertapati-Bakauheni

Pada Kamis (7/12), Ubah Bareng kembali menggelar acara Desak Anies di Lampung, dan dihadiri oleh 1500 lebih anak muda yang ingin berdialog secara langsung dengan Anies Baswedan.

Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional Anies-Muhaimin (Timnas AMIN) yang juga merupakan Co-Founder Ubah Bareng, Gaeandra Kartasasmita, mengatakan Desak Anies ini memberikan contoh atas demokrasi yang benar.

BACA JUGA: Kiprah Anies di Pendidikan Jelas, Sejak 2010 Kirim Ribuan Pemuda Lewat Indonesia Mengajar

"Inilah demokrasi yang sesungguhnya. Dari program Desak Anies ini kami ingin mencontohkan cara berdemokrasi yang benar, yaitu pemimpin tidak ada jarak dengan rakyat dan rakyat bisa bertanya, berpendapat, bahkan mengkritik tanpa rasa takut." ucap Gaeandra saat dihubungi di Jakarta (7/12/23).

Gaeandra menuturkan, Ubah Bareng membuat program Desak Anies sebagai bentuk konkrit bahwa anak muda memiliki ruang untuk berdialog secara bebas dengan Anies Baswedan.

"Merangkul anak muda itu bukan dengan cara berpakaian seperti anak muda, atau memperbanyak gimmick receh. Merangkul anak muda itu dengan memberikan anak muda ruang untuk bersuara dan kepastian bahwa suaranya didengar, maka kami hadirkan Anies Baswedan ke tengah anak-anak muda untuk bisa berdialog secara langsung,” ujarnya.

Gaeandra juga mengatakan acara ini dibuat seluruhnya oleh anak-anak muda yang juga melibatkan anak-anak muda lokal di kota-kota yang menggelar acara Desak Anies.

"Acara ini dibuat seluruhnya oleh anak muda, banyak sekali pemuda yang terlibat di belakangnya. Maka itu kami tahu betul konsep seperti apa yang diminati anak muda. Desak Anies saat ke kota-kota lain juga dihandle oleh pemuda-pemuda kota tersebut agar mereka bisa ikut merasakan meriahnya pesta demokrasi ini." tambahnya

Gaeandra menambahkan Desak Anies akan kembali digelar di berbagai kota.

"Desak Anies akan hadir di kota-kota lain. Jadi, jangan lupa teman-teman untuk sering-sering cek akun medsos Ubah Bareng untuk tau jadwal Desak Anies,” tandas Gaeandra.

Selain Desak Anies, lanjut Gaendra, Ubah Bareng juga membuat program Slepet Imin, yaitu acara yang serupa namun versi Muhaimin Iskandar.

"Bukan hanya pak Anies yang siap didesak, Gus Imin pun juga siap, maka ada juga program yang kami beri nama Slepet Imin. Konsepnya kurang lebih hampir sama, yaitu dialog yang intimate dan tak berjarak, antara Muhaimin Iskandar dengan anak-anak muda,” pungkasnya. (jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : JPNN.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler