Jumlah Formasi PPPK tak Disebutkan Terbuka, Ada Honorer K2 Siluman?

Rabu, 13 Maret 2019 – 07:05 WIB
Pendaftaran PPPK dari honorer K2. Foto: bkn.go.id

jpnn.com, KUDUS - Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Kudus masih belum terbuka terkait jumlah formasi PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja) dari honorer K2 yang diusulkan ke Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Plt Kepala BKPP Kudus Yuli Tri Nugroho melalui Kabid Pengembangan dan Diklat Tulus Tri Yatmika, mengatakan, detail formasi bisa ditanyakan langsung kepada pimpinan.

BACA JUGA: Politikus Demokrat Ingatkan Honorer K2 agar Hati - hati

”Memang waktu pengusulan terakhir kemarin dan mudah-mudahan bisa langsung terselesaikan,” ujarnya.

Dia menjelaskan, pengumuman kelulusa tes PPPK akan diumumkan melalui portal BKN, tidak di website Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus. Hal tersebut sudah ditulis dalam surat edaran dari Menetri Pemberdayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Men PAN-RB).

BACA JUGA: Kemenag Tolak Tuntutan Honorer K2 Jatim Peserta Tes CPNS 2013

BACA JUGA: Politikus Demokrat Ingatkan Honorer K2 agar Hati - hati

Sementara itu, masih ada persoalan yang belum terselesaikan. Yakni sejak dikirimnya surat permohonan penjelasan terkait ada perbedaan data yang dimiliki BKPP dengan BKN per 28 Februari 2019 hingga saat ini, belum ada jawaban.

BACA JUGA: Politikus Gerindra Desak Rencana Silatnas Honorer K2 dengan Jokowi Dibatalkan

”Kalau persoalan itu, kami sudah berupaya mencari konfirmasi. Tapi, hingga saat ini belum ada tanggapan dari yang bersangkutan,” terangnya.

Terpisah, Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuangan, dan Aset Daerah (BPPKAD) Kudus Eko Djumartono, menerangkan, terkait pembiayaan gaji PPPK masih menunggu data pasti dari BKPP.

”Sampai sekarang belum ada pengajuan jumlah penerimaan PPPK. Kami harus koordinasi dengan BKPP. Kemungkinan anggaran keluar pada APBD Perubahan. Pada intinya kami siap untuk pendanaan gaji PPPK,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu tenaga honorer (K2) Yuni, menduga ada honorer K2 siluman yang ikut dalam perekrutan PPPK kali ini. Jika pemkab yang bersangkutan tidak bisa menyelesaikan, pihaknya akan melakukan aksi.

BACA JUGA: Kemenag Tolak Tuntutan Honorer K2 Jatim Peserta Tes CPNS 2013

”Jangan sampai mengulang sejarah 2014 (adanya K2 siluman, Red). Kami tidak habis pikir atas pemkab yang tidak tegas dalam menyikapi keberadaan K2. Padahal sudah jelas-jelas data base K2 asli yang memverifikasi pemkab dan sudah ada ketetapan dari Men PAN-RB pada 2014. Kok masih ada dugaan munculnya K2 siluman ikut PPPK. Mohon dituntaskan,” harapnya. (san/ war/put/noe/sub/int/lin)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Usulan Ulang Formasi PPPK Tidak Otomatis Disetujui Pusat


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
honorer K2   PPPK   formasi PPPK   Kudus  

Terpopuler