Jumlah Pengguna Narkotika di Indonesia Capai 4 Juta Jiwa

Senin, 11 November 2013 – 23:01 WIB

jpnn.com - JAKARTA – Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Anang Iskandar, menyebut jumlah penduduk Indonesia yang terlanjur mengonsumsi narkoba hingga saat ini mencapai 4 juta jiwa. Tentu saja kondisi ini sangat memperihatinkan. 

Menurut Anang, untuk mencegah terus tumbuhnya pengguna narkoba, maka program rehabilitasi harus dimaksimalkan. “Kalau rehabilitasi tidak dilakukan secara intensif, maka tak menutup kemungkinan jumlah pengguna narkoba akan terus bertambah. Dengan begitu, pasar akan tetap terbuka dan itu adalah peluang bagi sindikat narkoba,” ujarnya di Jakarta, Senin (11/11).

BACA JUGA: BPK Temukan Indikasi Tindak Pidana Senilai Rp 3,67 Triliun

Sayangnya, lanjut Anang, fasilitas rehabilitasi yang ada di Indonesia baik yang dimiliki pemerintah maupun swasta, masih sangat kurang.

Selain itu, BNN juga masih mengalami kesulitan membangkitkan kesadaran bersama kepada seluruh pemangku kepentingan bahwa pengguna narkoba harus direhabilitasi, bukan di penjara.

BACA JUGA: Saksi Sebut Rudi Bisa Coret Pemenang Tender

“Penjara (selama ini) menjadi tempat para pecandu melanjutkan kebiasaannya menyalahgunakan narkoba,” ujarnya.

Agar program-program yang dilakukan BNN dapat berhasil dengan baik, Anang berharap seluruh elemen bangsa bersatu padu merapatkan barisan. Demi terciptanya generasi penerus yang bebas dari narkoba. (gir/jpnn)

BACA JUGA: Baharuddin Lopa Dinilai Layak Jadi Pahlawan Nasional

BACA ARTIKEL LAINNYA... Priyo Anggap Pancasila Bukan Pilar Bangsa


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler