Jumlah Pengunjung GIIAS 2024 Melonjak, Bagaimana dengan Penjualan Mobil?

Senin, 29 Juli 2024 – 08:48 WIB
Ilustrasi pameran otomotif GIIAS di ICE BSD City. Foto: Seven Event

jpnn.com, JAKARTA - Jumlah pengunjung pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 mulai dari 18-28 Juli, naik dua hingga lima persen dibanding agenda serupa tahun lalu.

“Data kami belum selesai, tetapi indikasi jumlah pengunjung yang datang kira-kira naik sekitar dua hingga lima persen,” kata Ketua Umum GAIKINDO Yohanes Nangoi pada penutupan GIIAS 2024 di ICE BSD City, Tangsel, Sabtu.

BACA JUGA: Mitsubishi New Pajero Sport Tampil Menawan di GIIAS 2024, Simak Ubahannya Nih!

Dia juga belum bisa merinci capaian total transaksi, karena proses pembukuan yang masih berlangsung.

Namun, dia menilai berdasarkan merek-merek yang berpartisipasi, ada yang mengalami peningkatan, ada yang tetap dan ada pula yang menurun dibandingkan dengan GIIAS tahun lalu.

BACA JUGA: JP Industries Merilis 3 Helm di GIIAS 2024, Ada untuk Anak-Anak, Harga Terjangkau

“Saya tanya beberapa merek, ada yang datar (flat), ada yang sedikit turun, ada yang agak naik, tetapi yang pasti bahwa untuk mobil-mobil yang pendatang baru cukup puas dengan penjualan mereka sampai saat ini karena baru pertama kali ikut,” ujarnya.

Yohanes Nangoi juga menyebutkan mobil elektrifikasi seperti battery electric vehicle (BEV) dan hibrida juga mengalami peningkatan penjualan dibandingkan tahun lalu.

BACA JUGA: Ayo Kunjungi Booth Pertamina di GIIAS 2024, Ada Banyak Hadiah Menarik lho, Buruan!

Kendati demikian, penjualan mobil bermesin pembakaran internal (internal combustion engine/ICE) masih mendominasi.

“Karena memang masyarakat sudah mulai menyadari bahwa yang namanya mobil hibrida itu lebih hemat bahan bakar fosil dan emisi gas buangnya lebih baik, harganya juga mulai berkompetisi,” kata Yohanes.

Sebelumnya, GAIKINDO mengumumkan rapor penjualan mobil pada semester I 2024 kembali menunjukkan hasil yang kurang memuaskan.

Penjualan secara wholesales sepanjang semester I 2024 mencapai 408.012 unit atau turun sebanyak 19,5 persen dari 506.427 unit pada 2023.

“Sampai dengan Juni, penurunannya kira-kira sekitar 19 persen dari tahun lalu. Namun, justru mobil hibrida dan listrik yang meningkat, meski secara volume total menurun 19 persen. Mudah-mudahan dengan adanya GIIAS ini, bisa mendongkrak lagi,” ujar Yohanes.

GIIAS 2024 menghadirkan lebih dari 55 merek kendaraan, yang terdiri atas mobil penumpang, kendaraan komersial, dan sepeda motor. ???????

Pameran otomotif tersebut juga menampilkan 120 jenama produk pendukung kebutuhan otomotif. (ant/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mejeng di GIIAS 2024, 3 Mobil Suzuki Ini Punya Teknologi Ramah Lingkungan


Redaktur & Reporter : M. Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler