Jumlah Peserta Pilkada Gorontalo Utara Kembali 3 Pasangan

Sabtu, 05 Oktober 2024 – 18:01 WIB
KPU Gorontalo Utara menggelar rapat pleno terkait penetapan kembali pasangan Ridwan Yasin dan Muchsin Badar sebagai salah satu pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Gorontalo Utara pada Pilkada 2024. ANTARA/HO-KPU Gorontalo Utara.

jpnn.com - GORONTALO - Jumlah peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gorontalo Utara 2024 kembali menjadi tiga pasangan calon.

Hal tersebut terjadi setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, menetapkan ulang satu pasangan calon, yakni pasangan Ridwan Yasin dan Muchsin Badar.

BACA JUGA: 2 Peserta Pilkada Situbondo Dapat Fasilitas Baliho, Spanduk dan Umbul-umbul

Menurut Ketua KPU Gorontalo Utara Sofyan Jakfar penetapan paslon dilakukan sebagai tindak lanjut dari Putusan Bawaslu Nomor 001/PS.REG/75.7505/IX/2024 yang per 2 Oktober 2024.

Akhirnya, melalui rapat pleno yang digelar Jumat (4/10), KPU Gorontalo Utara kembali menetapkan pasangan Ridwan Yasin-Muchsin Badar sebagai pesera Pilkada 2024

BACA JUGA: Pedagang Pasar Curhat ke Khofifah, Sulit Bersaing di Era Daring

Dalam putusannya Bawaslu meminta KPU Gorontalo Utara menetapkan kembali pasangan Ridwan Yasin dan Muchsin Badar sebagai salah satu paslon Bupati dan Wakil Bupati Gorontalo Utara dalam Pilkada 2024.

"Kami telah berkoordinasi dan melakukan konsultasi ke KPU Provinsi Gorontalo dan Divisi Teknis KPU Republik Indonesia. Selanjutnya, kami telah melakukan pleno penetapan pasangan Ridwan Yasin dan Muchsin Badar sebagai kandidat Bupati dan Wakil Bupati Gorontalo Utara," kata Sofyan.

BACA JUGA: Ingat, Dilarang Melibatkan Anak Pada Kampanye Pilkada

Pedomannya, menurut dia, merujuk pada Pasal 144 Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 dan KPU wajib menindaklanjuti putusan Bawaslu Gorontalo Utara.

Terkait nomor urut pasangan calon, secara otomatis mendapatkan nomor urut tiga, sebagaimana sudah diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) RI.

"Saat ini kami tengah berkoordinasi dengan KPU RI terkait pencetakan surat suara yang akan digunakan pada pelaksanaan pemungutan suara pada 27 November 2024," ucap Sofyan.

Dia juga mengimbau seluruh masyarakat Gorontalo Utara agar menggunakan hak pilihnya pada hari pemungutan suara yang dilaksanakan 27 November 2024 mendatang.

Dengan ditetapkan kembali paslon tersebut, kini terdapat tiga paslon Bupati dan Wakil Bupati Gorontalo Utara dalam Pilkada tahun 2024.

Nomor urut 1 pasangan Roni Imran dan Ramdhan Mapaliey, nomor urut 2 pasangan Thariq Modanggu dan Nurjana Hasan Jusuf dan nomor urut 3 pasangan Ridwan Yasin dan Muchsin Badar. (Antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jawab Aspirasi Masyarakat, Ini 8 Program Unggulan ASR-Hugua untuk Wujudkan Sultra Maju


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler