Postur PNS pemerintah federal Australia menunjukkan terjadinya penurunan jumlah yang mencapai angka terendah dalam satu dekade terakhir. Hal ini terjadi sebagai dampak pemotongan anggaran baik oleh Pemerintahan Partai Buruh maupun Pemerintahan Koalisi Liberal dan Nasional.

Menurut data statistik untuk tahun anggaran 2014/15, jumlah PNS pemerintah federal hanya 152.430 orang atau kurang dari 1 persen dibandingkan jumlah penduduk.

BACA JUGA: Menari Untuk Indonesia: Pengalaman Tampil di Melbourne

Selain itu, data yang sama juga menunjukkan bahwa usia rata-rata para PNS ini sekamin menua dengan kelompok PNS usia di atas 50-an tahun semakin bertambah besar persentasenya.

Sebagai perbandingan, di tahun 2001 terdapat 21 persen PNS yang berusia di atas 50 tahun. Kini, jumlah mereka menjadi 30 persen lebih atau hampir sepertiga dari seluruh PNS yang ada.

BACA JUGA: Teknologi Taktil Mungkinkan Pilot Terbang dalam Kondisi Jarak Pandang Rendah

Menanggapi data tersebut, Emma Robertson dari LSM Youth Coalition menyatakan saat ini semakin sedikit kelompok usia muda yang menjadi PNS.

"Di Canberra, lapangan kerja sebagai PNS sangat penting sehingga dengan penurunan jumlah ini sangat berpengaruh pada anak muda di kota ini," katanya kepada ABC.

BACA JUGA: Bagikan Kartu Bonus Judi Poker, Supermarket Woolworths Menuai Kecaman

Robertson mengatakan berkurangnya jumlah anak muda yang menjadi PNS disebabkan oleh makin berkurangnya pula penerimaan PNS.

"Untuk posisi magang PNS pun yang disebut sebagai posisi APS1, belakangan ini sangat jarang ada lowongan," katanya.

Dalam beberapa tahun ini, sedikitnya 15 ribu PNS kehilangan posisi sebagai akibat dari pemotongan anggaran yang dijalankan Pemerintahan Koalisi sejak akhir 2013.

Data ini juga menunjukkan proporsi PNS federal di Canberra semakin menurun, tinggal 38 persen dari total PNS federal di seluruh Australia.

Namun sebaliknya, 75 persen lebih posisi PNS di level senior executive tetap berbasis di Canberra.

Data stastistik ini menunjukkan proporsi PNS perempuan kini lebih dari 58 persen dan di antara posisi senior executive terhadap 40 persen perempuan.

Sedangkan proporsi PNS dari kalangan warga aborigin relatif meningkat dari 2,5 persen menjadi 2,6 persen dari seluruh PNS federal di Australia.

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Obat Anti-depresi Populer Ternyata dapat Memicu Kasus Bunuh Diri

Berita Terkait