KA Kertalaya Beroperasi Mulai 1 April

Sabtu, 29 Maret 2014 – 03:16 WIB

jpnn.com - PALEMBANG -  Kereta Api (KA) Kertalaya bagi mahasiswa Universitas Sriwijaya (Unsri) akan dioperasikan mulai 1 April mendatang. KA tersebut beroperasi berdasarkan kalander akademik.

Senior Manager Komersil PT KAI Divre 3, Odang Bakti mengatakan, berdasarkan pertemuan dengan Dishub Provinsi, Unsri dan PT KAI telah disepakati kereta Kertalaya beroperasi pada 1 April.

BACA JUGA: Mei, PLTU Nagan Raya Dioperasikan

“Pengoperasian Kereta Kertalaya sudah melalui pengujian dan uji berkala. Jadi PT KAI akan mengoperasikan kereta Kertalaya mulai 1 April,” ujarnya.

Pengoperasian KA tersebut,  sambung dia, hanya pada SenIn sampai Jumat. Sedangkan Sabtu, Minggu, libur nasional dan libur akademik tidak beroeprasi.”Jadi pengopersiannya mengacu pada kelender akademik Unsri,” ucapnya.

BACA JUGA: 7 April Bandara Kembali Dimanfaatkan

Mengenai frekuensi pengoperasian, lanjut Odang, dilakukan 2 kali sehari yakni dari stasiun Kertapati pada pukul 07.30 WIB dan 09.15 WIB. Sedangkan dari stasiun Indralaya pukul 08.19 WIB dan 14.18 WIB. "Untuk tarif per penumpang adalah Rp 2.500 per penumpang. Tiket  disiapkan PT KAI,”paparnya.

Lebih lanjut dia menerangkan, skema pengoperasionalan kereta Kertalaya, adalah Unsri menyediakan 4 bus untuk mahasiswa dari stasiun Indralaya ke kampus Unsri.

BACA JUGA: Panah Busur Teror Warga Kota Palu

Begitu pula sebaliknya, Unsri juga menyediakan bus dari kampus Unsri ke stasiun Indralaya."Mahasiswa yang menggunakan bis tersebut tidak dipungut biaya alias gratis,” tandasnya.

Untuk tarif parkir mahasiswa Unsri di stasiun Kertapati, kata Odong, Rp 1.000 per hari. “Jadi seharian motor yang diparkir tarifnya Rp 1000. Kita berharap mahasiswa dapat memanfaatkan kereta api ini,” pungkasnya. (ati)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kasus Honorer K2 Bodong, Enam Pejabat Diperiksa Polisi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler