Kabaharkam Sampaikan Pesan Penting Ini di Rakernis Polairud

Jumat, 23 Februari 2024 – 14:48 WIB
Kabaharkam Polri Komjen Fadil Imran dalam rakernis Polairud yang diadakan di Batam, Kepri. Dok: source for JPNN.

jpnn.com, BATAM - Korps Kepolisian Air dan Udara (Korpolairud) Badan Pemeliharaan Keamanan (Baharkam) Polri menggelar kegiatan rapat kerja teknis (rakernis) tahun anggaran 2024, di Batam, Kepulauan Riau.

Kabaharkam Polri Komjen Mohammad Fadil Imran mengatakan rakernis digelar guna memantapkan tugas dan tanggung jawab Polair dalam pelayanan, pengayoman, dan penegakan hukum satu tahun ke depan.

BACA JUGA: Baharkam Polri Tangkap 2 Kapal Vietnam yang Lakukan Illegal Fishing di Natuna Utara

Soal apa yang harus dikerjakan, dan mendapatkan feedback dari wilayah untuk evaluasi dan perbaikan.

"Memperbanyak kegiatan-kegiatan untuk melayani masyarakat, membantu masyarakat, menolong masyarakat. Kalaupun melakukan penegakkan hukum itu penegakkan hukum kepada kelompok-kelompok yang mengorganisasi,” ujar Fadil.

BACA JUGA: Debat Pertama Pilpres 2024 di Kantor KPU, Komjen Fadil Imran: Polri Siap Mengamankan

Baharkam Polri akan meningkatkan sarana dan prasarana guna mendukung operasional personel dalam menjalankan tugas di perairan serta udara.

Perbaikan akan diupayakan sesuai dengan anggaran yang diberikan negara kepada institusi Polri.

BACA JUGA: Terluka Parah Saat Pengamanan Kerusuhan Dogiyai, Bripka Laode Imran Dirujuk ke Jakarta

Sebanyak 13 helikopter bakal ditambah untuk membantu pelayanan dan tugas personel di lapangan.

“Itu memang bagian dari program kerja lima tahunan untuk peremajaan dan penambahan armada. Kita berharap dengan adanya penambahan heli tahun depan sebanyak 13, semua polda sudah bisa. Sehingga transportasi dan pelayanan masyarakat dalam kondisi–kondisi operasi kepolisian itu bisa lebih efektif,” kata dia.

Polairud diharapkan mampu menjalankan peran dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah laut serta udara, termasuk memberikan pelayanan yang lebih efektif di seluruh perairan Indonesia.

Sementara Kakorpolairud Baharkam Polri Irjen M Yassin Kosasih, menyampaikan apresiasi kepada jajaran atas kerja keras dalam menjalankan tugas melayani dan mengayomi masyarakat, sekaligus penegakan hukum di wilayah perairan Indonesia.

Dia menegaskan, para personel harus memedomani moto Kabaharkam Polri, yaitu "Menangkap pelaku kejahatan adalah sebuah kebanggaan, tetapi mencegah kejahatan adalah kemuliaan."

"Jadikan itu sebagai pedoman dalam bertugas. Silakan laksanakan penegakan hukum, tetapi tangkapan itu tidak hanya kuantitatif tapi harus kualitatif juga," katanya.

Pada kesempatan itu, Yassin meminta kepada jajaran agar terus melaksanakan program unggulan seperti, Polisi RW, Sambang Nusa Presisi, Patroli Hot Spot, Kapal Perpustakaan, dan Klinik Terapung.

“Saya minta program-program unggulan yang sudah dilaksanakan agar terus berjalan. Kegiatan itu sangat penting untuk mendekatkan hubungan kita dengan masyarakat. Salah satu bentuknya dengan mendengarkan keluh kesah masyarakat pesisir pantai," katanya.

Jenderal bintang dua itu menyampaikan, kepada personel agar terus menjaga loyalitas, hirarki, dan respek kepada pimpinan serta sesama anggota. Kemudian, jalankan tugas dan tanggung jawab dengan profesional serta tulus. Dan, juga tegas.

"Seperti arahan Bapak Kabarhakam, kita harus bergerak sebelum orang lain berpikir. Jangan menunggu ancaman menjadi kejahatan," kata dia.

Kegiatan Rakernis Korpolairud diikuti oleh seluruh Dirpolairud Polda jajaran dan pejabat utama Korpolairud Baharkam Polri.

Selain itu, dihadiri beberapa pejabat utama Mabes Polri di antaranya Asops Kapolri, Karorenmin Baharkam Polri, Karobinopsnal Baharkam Polri, dan perwakilan dari Baintelkam Polri. Mereka dilibatkan sebagai pemateri, bersama perwakilan instansi Dirjen Hubla, Dirjen KKP, dan Dirjen Migas. (cuy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bripka Madih Diperas Anak Buah Irjen Fadil Imran, Kompolnas: Harus Diusut Tuntas


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler