Kabar Baik dari Ganjar untuk Seluruh Guru PAUD di Indonesia, Hamdalah

Selasa, 16 Januari 2024 – 22:31 WIB
Capres Ganjar Pranowo bertemu dengan ratusan guru PAUD se-Kabupaten Batang di Bawang, Selasa (16/1). Foto: Tim media Ganjar

jpnn.com, BATANG - Kabar baik dari Ganjar Pranowo untuk seluruh guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Capres nomor urut 3 itu siap menaikkan gaji guru PAUD.

BACA JUGA: Ganjar: Debat Capres Bukan Cerdas Cermat

Sebab, menurutnya saat ini gaji guru PAUD di banyak tempat di Indonesia jauh dari kata layak dan cenderung memprihatinkan.

Hal itu disampaikan Ganjar seusai bertemu dengan ratusan guru PAUD se-Kabupaten Batang di Bawang, Selasa (16/1).

BACA JUGA: Personel Brimob Meninggal Seusai Tradisi Penyambutan

Ratusan guru PAUD itu 'ngudhoroso' kepada Ganjar dan berharap nasib mereka diperhatikan.

"Pak Ganjar, mumpung ketemu bapak kami mau ngudhoroso. Mau wadul, pak. Pertama soal status kami ini di UU Keguruan tidak dianggap. Kami ini guru apa pengasuh? Padahal kami punya kewajiban yang sama, tetapi, haknya tidak diberikan negara," ucap Rondiyah perwakilan guru PAUD kepada Ganjar.

BACA JUGA: Jokowi Digugat ke PTUN, Hasto PDIP Menyindir soal Nepotisme

Rondiyah berharap Ganjar bisa memperjelas status guru PAUD agar sama dengan guru lainnya. Hal itu akan berdampak besar, khususnya terkait kesejahteraan.

"Kami juga minta bapak bisa memerintahkan kades untuk optimalisasi dana desa bagi guru PAUD. Selama ini sudah, pak, tetapi nggak maksimal. Kami ini digaji Rp 600 per tahun, pak," kata Rondiyah.

Ganjar terkejut mendengar pernyataan itu. Menurutnya, gaji guru PAUD Rp 600 ribu setahun sangat tidak masuk akal.

"Dengan anggaran 20 persen dari APBN, gajinya Rp 600 ribu dan itu setahun, sih, menurut saya kebangetan. Padahal mereka ini ujung tombak pendidikan awal generasi kita," katanya.

Ganjar menegaskan akan menyelesaikan itu dan akan memberikan keadilan. Anggaran pendidikan akan dioptimalkan termasuk untuk kesejahteraan guru dan guru PAUD harus masuk ke dalamnya.

"Ini yang harus kita selesaikan. Kalau Rp 600 ribu setahun, sih, menurut saya tidak adil. Maka saya sudah minta hitung ada berapa guru PAUD, kondisinya bagaimana dan kita harus berikan insentif yang layak pada mereka. Kita akan bereskan soal itu," tegasnya.

Selain persoalan gaji, Ganjar juga mengatakan akan memperbaiki sistem pendidikan di Indonesia.

Sangat aneh ketika guru PAUD yang tugasnya menanamkan pendidikan karakter, kedisiplinan dan lainnya justru tidak dianggap oleh negara.

"Regulasinya juga harus ada perbaikan, sebab mereka tidak dianggap dalam undang-undang guru. Sinkronisasi dan harmonisasi regulasi penting dilakukan agar hak dan kewajiban guru PAUD juga terjamin," kata Ganjar. (jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Menang Total di Debat Cawapres, Gibran Kuasai Media Sosial


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler