Kabar Terbaru dari Komisi III soal Kelanjutan RKUHP

Senin, 04 November 2019 – 17:19 WIB
Ketua Komisi III DPR Herman Herry. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Komisi III DPR sepakat melakukan sosialisasi RUU KUHP dan Pemasyarakatan. Sesuai semangatnya, dua RUU itu perlu disosialisasikan kembali kepada masyarakat dan pemangku kepentingan.

"Nah, sekarang tugas Komisi III masih menyusun jadwal untuk menyosialisasikan dua RUU itu, RUU KUHP dan RUU Pemasyarakatan," kata Ketua Komisi III DPR Herman Herry di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (4/11).

BACA JUGA: Bahtsul Masail NU Tulungagung Membedah RKUHP

Politikus PDI Perjuangan itu mengatakan bahwa sosialisasi akan dilakukan kepada semua elemen masyarakat, termasuk kampus-kampus.

"Kalau banyak orang menamakan diri dari masyarakat, (maka) dari masyarakat yang mana kami harus cari tahu dan sosialisasikan," jelasnya.

BACA JUGA: Nasdem Desak Bahas Ulang Isi RKUHP

Herman tidak menampik bahwa menyosialisasikan kembali dua RUU itu merupakan keputusan rapat konsinyering Komisi III DPR, Jumat pekan lalu.

Sebagai ketua Komisi III DPR, Herman menyarankan untuk melakukan sosialisasi, bukan pembahasan.

BACA JUGA: Polisi Bekuk Pembobol Situs Kemendagri, Anak STM yang Tolak RKUHP

"Pembahasan dengan sosialisasi beda, kalau pembahasan dibongkar kembali, kalau sosialisasi kami menyosialisasikan. Beda," ungkapnya.

Dia menegaskan sosialisasi itu dilakukan tanpa melakukan perubahan substansi dari RUU itu. Namun, kata Herman, kalau dalam sosialisasi ada hasil yang dianggap substansinya sangat prinsip bisa dipikirkan. (boy/jpnn)


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
RKUHP   RUU KUHP   kabar terbaru   Komisi III   DPR  

Terpopuler