Kabinet Dikhawatirkan Bakal Pecah

Rabu, 25 Februari 2009 – 17:14 WIB
JAKARTA – Ketua Fraksi PKS di DPR, Mahfudz Siddik, yakin Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) yang dikomandoi oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terancam pecah jika Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) ikut bertarung di Pemilu Presiden 8 Juli 2009 mendatang.

"Keyakinan saya itu didasarkan atas potensi perpecahan yang sudah mulai terlihat, seperti tarik-menarik kekuasaan," kata Mahfudz seusai acara Dialog Kenegaraan bertajuk "Peta Koalisi Pasca Kesediaan JK Menjadi Presiden", di komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (25/2).

Dalam hitungan menit ke menit, lanjut Mahfudz, potensi perpecahan koalisi SBY-JK kian memuncakKejadian ini sangat mempengaruhi kinerja kabinet yang notabene dibentuk sebagai hasil koalisi dari berbagai partai politik.

"Seperti yang kita saksikan di televisi, bagaimana seorang menteri kabinet sendiri memaparkan perekonomian yang ujung-ujungnya mengkritik kebijakan ekonomi pemerintah," tegas Mahfudz.

Mahfudz pun mengingatkan, bahwa semestinya menteri maupun wapres harus profesional dan loyal membantu kerja presiden dalam pemerintahan

BACA JUGA: Sistem dan Politisi Buruk, Golput Mewabah

Dia menyarankan, sebaiknya jika menteri maju sebagai calon presiden, agar mengundurkan diri saja dari kabinet.

"Kalau Wakil Presiden ikut capres, sebaiknya memastikan terlebih dahulu bahwa situasi dan kondisi pemerintahan (sedang) stabil
Perlu diperhatikan oleh semua pihak, bahwa SBY-JK harus bersama-sama hingga Oktober 2009

BACA JUGA: Gus Dur Siapkan Gatara Jadi Parpol

Ini amanah konstitusi," imbuhnya
(fas/PNN)

BACA JUGA: Deddy Mizwar Gelar Refleksi Pemilu

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sepi Peminat, Konvensi Capres PBR Batal


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler