Kada Diminta Utamakan Serapan Anggaran Infrastruktur

Rabu, 17 Februari 2016 – 19:32 WIB
Uang. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA--Kepala daerah diminta agar mengoptimalkan serapan anggaran untuk membangun wilayahnya sehingga bisa memberikan manfaat bagi masyarakat serta pertumbuhan ekonomi.‎

"Kepala daerah adalah ujung tombak penyerapan anggaran untuk membangun infrastruktur yang pada akhirnya wilayahnya lebih maju," kata Sekretaris Jenderal DPP Partai Amanat Nasional (Sekjen DPP PAN) Eddy Soeparno, Rabu (17/2).

BACA JUGA: Saham Gocap Bakal Bisa Sampai Nol

Dia mengatakan, tahun lalu anggaran agak terlambat terserap karena masalah APBNP yang disahkan pada Februari, juga daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) yang terlambat disusun dan ada perubahan nomenklatur kementerian/lembaga sehingga anggaran juga terlambat.

"Tapi, tahun ini tidak ada perubahan APBNP, DIPA, dan nomenklatur kementerian/lembaga sehingga tak ada alasan bagi kepala daerah untuk tidak memanfaatkan dan menyerap anggaran secepat-cepatnya," sergahnya.

BACA JUGA: Franciscus Welirang: Kalau Menyerang Harus Total!

Lanjutnya, segala anggaran yang terkait dengan pembangunan infrastruktur harus diutamakan dan dilaksanakan secepatnya oleh kepala daerah. ‎

“Kata kunci adalah penyerapan anggaran harus dilakukan secepatnya. Dan, komandannya adalah para kepala daerah,” pungkasnya.‎ (esy/jpnn)

BACA JUGA: Begini Cara Menguasai Pasar Global

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kok Kemendag Tak Pernah Sanksi SPBU Nakal?


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler