Kadis Pertanian Tebo Ditetapkan Tersangka Pembangunan Embung

Kamis, 03 Mei 2018 – 03:01 WIB
Ilustrasi penjara. Foto: JPNN

jpnn.com, JAMBI - Polda Jambi menetapkan empat orang sebagai tersangka kasus pembangunan Embung Sungai Abang, Kecamatan VII Koto Ulu, Kabupaten Tebo, Jambi.

Tersangka yakni Ir Sarjono, Kadis Pertanian Tebo yang dalam kasus ini selaku Pengguna Anggaran atau Pejabat Pembuat Komitmen.

BACA JUGA: Bermaksud Tagih Utang, Suhaili Malah Bersimbah Darah Dibacok

Dia ditetapkan sebagai tersangka bersama dengan Kembar Nainggolan, Kabid Pertanian Tebo selaku Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), Faisal Utama Kuasa Direktur CV Persada Antar Nusa selaku rekanan dan Jonaita Nasir pemilik proyek pembangunan Embung.

Sumber terpercaya harian ini menyebutkan, penetapan tersangka setelah ditemukannya dua alat bukti yang kuat.

BACA JUGA: Polda Jambi Gagalkan Penyeludupan 500 Gram Sabu-sabu

“Kasus Embung Tebo sudah ada 4 tersangka. Baru-baru ini penetapannya,” ujar sumber terpercaya kepada Jambi Ekspres (Jawa Pos Group), Rabu.

Dalam kasus ini, penyidik sudah memeriksa saksi ahli. Diantara saksi ahli yang dimintai keterangannya yakni Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK).

BACA JUGA: Dapat Kabar Istri Selingkuh, Novri Coba Kabur dari Lapas

Selain itu, informasi yang didapat jika hari ini (2/5) keempat tersangka dipanggil ke Polda Jambi untuk menjalani pemeriksaan perdana sebagai tersangka.

Pembangunan embung ini diambil dari anggaran DAK tahun anggaran 2015. Dalam DIPA TPHKP proyek ini senilai Rp1,8 miliar.

Berdasarkan audit dari BPK RI Perwakilan Jambi, kerugian negara sekitar Rp1,2 miliar. Dimana, pekerjaan tidak sesuai spesifikasi yang tertuang di dalam kontrak.

Diberitakan sebelumnya, Polres Tebo yang sebelumnya menangani kasus ini juga sudah menetapkan tersangka. Dia adalah Ir Sarjono, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tebo. Namun, status tersangka itu dinyatakan gugur oleh majelis Pengadilan Negeri (PN) Tebo dalam sidang Praperadilan.

Pimpinan sidang, Ricky Fardinan, SH dalam amar putusannya menyatakan dan menetapkan permohonan Ir Sarjono diterima dan status tersangka Ir Sarjono dinyatakan tidak sah. Kemudian, kasus ini diambil alih oleh Polda Jambi untuk melakukan penyidikan. (pds)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bunga Diperkosa Enam Pemuda Bejat di Tiga Lokasi Berbeda


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler