Gereja Baru Jadi Kado Paskah Spesial dari Pak Ganjar, Umat Kristen Terharu

Minggu, 04 April 2021 – 23:51 WIB
Jemaat Gereja Injili di Tanah Jawa (GITJ) bersama tokoh agama Islam merayakan Paskah bersama. Foto: FKUB Jateng

jpnn.com, JEPARA - Kebahagiaan terpancar dari jemaat Gereja Injili di Tanah Jawa (GITJ) Pepanthan Dermolo Jepara, Jawa Tengah (Jateng).

Akhirnya mereka bisa merayakan ibadah Paskah pertamanya  di gedung gereja pada Minggu (4/4), setelah 19 tahun menunggu.

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: PNS Selingkuh Kena 3 Sanksi, Mahfud MD Bakal Gelar Pertemuan Besar, Pengakuan Pengacara Rizieq

Gereja baru itu berlokasi di RT 2 RW 6 Desa Dermolo Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara.

Sebelumnya, ketiadaan rumah ibadah di desa ini membuat warga harus merayakan Paskah maupun Natal di rumah-rumah jemaat maupun beribadah di gereja lain yang berjarak tempuh cukup jauh.

BACA JUGA: Ganjar Pranowo: Saya Resah dengan Kondisi Ini

Gembala GITJ Pepanthan Dermolo Jepara Pendeta (Pdt) Theofilus Tumidjan mengatakan, diizinkannya jemaat gerejanya beribadah di tempat ibadah baru itu tak lepas dari dukungan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jawa Tengah.

Menurut Pdt Theo, sapaan Theofilus Tumidjan, Gubernur Ganjar sangat membantu dalam proses perjuangan jemaat untuk menempati rumah ibadah ini.

BACA JUGA: Ganjar Wajibkan Sekolah Memberikan Laporan Tiap Hari

"Pak Gubernur Ganjar adalah sosok yang sangat toleran dan memperjuangkan kebebasan beragama. Campur tangan beliau dan FKUB Jateng sangat besar hingga akhirnya kami, jemaat Dermolo, bisa beribadah di bangunan gereja yang kami perjuangkan selama 19 tahun ini," kata Theo.

Ditemui secara terpisah, Ganjar menyatakan turut berbahagia atas dibukanya rumah ibadah di GITJ Pepanthan Dermolo. Ganjar mengharapkan rumah ibadah ini bisa dimanfaatkan untuk kepentingan jemaat.

"Mudah-mudahan ini kado terbaik yang bisa diberikan untuk umat Kristiani wabil khusus di Gereja Dermolo," kata Ganjar.

Dia yakin warga Jateng bisa menyelesaikan persoalan dengan baik, sangat toleran, kekeluargaan, dan tulus dari dalam hati.

"Kita mesti jaga ini terus menerus dan tularkan di beberapa tempat agar masyarakat Indonesia bisa beribadah di rumah ibadah dengan baik. Selamat Paskah," tutur Ganjar.

Seusai ibadah, jemaat menggelar silaturahmi dan perayaan Paskah Kebangsaan yang dihadiri sejumlah tokoh masyarakat dan agama.

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jateng KH Taslim Sahlan mengatakan hari ini pihaknya bersama sejumlah tokoh agama sengaja hadir untuk merayakan kebahagiaan umat Kristiani khususnya jemaat GITJ Pepanthan Dermolo, yang akhirnya bisa menempati rumah ibadah tersendiri.

Menurutnya, kehadiran rumah ibadah untuk jemaat GITJ Pepanthan Dermolo menjadi contoh toleransi antarumat beragama yang sangat layak untuk direplikasi di wilayah lain di Nusantara.

"Kami sangat senang karena di Jepara khususnya di Desa Dermolo ini masyarakatnya sangat toleran, gotong royong, saljng menghormati. Toleransi yang sangat baik ini patut dijadikan contoh atau diduplikasi di tempat lain," kata Taslim.

Apresiasi turut disampaikan Bupati Jepara Dian Kristiandi. Menurutnya turut mengapresiasi penyelenggaraan Paskah Kebangsaan yang dihadiri umat beragam agama dan dirayakan dengan penuh kesederhanaan serta menaati protokol kesehatan.

"Ini menunjukkan Jepara dengan beragamnya pemeluk agama, kerukunan itu terjadi. Tentu kami selalu berharap kedamaian, kebersamaan, kegotongroyongan. Maka kita harus bergandeng tangan bersama-sama untuk menegakkan persatuan Indonesia," kata Dian.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Jawa Tengah Haerudin berharap kehadiran rumah ibadah GITJ Pepanthan Dermolo menjadi langkah awal untuk merawat kebinekaan dan keragaman di NKRI.

"Saya berharap masyarakat bersatu padu bergotong royong dalam rangka membangun daerah ini tanpa harus menonjolkan perbedaan keyakinan. Perbedaan keyakinan adalah sebuah keniscayaan dan konstitusi kita menjamin itu," kata Haerudin. (flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler