Kagumi Konten Aspirasi Peserta Lokas, Anggota DPR Puteri Komarudin: Kreatif!

Rabu, 25 September 2024 – 08:02 WIB
Kepala Biro Pemberitaan Parlemen DPR RI Indra Pahlevi bersama Ketua Dewan Juri, Puteri Anneta Komarudin, yang juga Anggota Komisi XI DPR dari Fraksi Partai Golkar. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Lomba Konten Aspirasi (Lokas) yang diselenggarakan Biro Pemberitaan Parlemen, Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI berhasil menjaring aspirasi 262 peserta dari Sabang sampai Merauke.

Ketua Dewan Juri, Puteri Anneta Komarudin, yang juga Anggota Komisi XI DPR dari Fraksi Partai Golkar mengaku kagum dengan cara peserta dalam menyampaikan aspirasi.

BACA JUGA: Lokasi Konser Sheila On 7 di Bandung Akhirnya Dipindahkan

“Konten yang disampaikan peserta Lokas sangat kreatif. Semoga bisa menginspirasi masyarakat bahwa aspirasi bisa disampaikan secara kreatif dan mendorong kami di DPR untuk terus berkreasi. Sehingga, penyampaian kami sebagai penyambung lidah masyarakat dalam menyelesaikan isu-isu yang disampaikan di gedung DPR ini bersama pemerintah dan pihak terkait, bisa lebih optimal,” kata Puteri Komarudin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (24/9/2024).

BACA JUGA: Puteri Komarudin Dorong UMKM Naik Kelas, Begini Strateginya

Ketua Dewan Juri, Puteri Anneta Komarudin, yang juga Anggota Komisi XI DPR dari Fraksi Partai Golkar. Foto: Humas DPR RI

Legislator Dapil Jabar VII ini melakukan penjurian bersama Andromeda Mercury, praktisi media/presenter TVOne, dan Kepala Biro Pemberitaan Parlemen Setjen DPR RI Indra Pahlevi.

BACA JUGA: Puteri Komarudin DPR Ungkap Strategi agar UMKM Naik Kelas, Begini

Sejumlah isu menjadi perhatian peserta Lokas, di antaranya mahalnya biaya pendidikan di Indonesia, ironi banyaknya sampah makanan, kasus kekerasan pada anak, investasi bodong, dan pinjaman online (pinjol) ilegal.

Dewan juri memutuskan pemenang Juara I Lokas adalah Alvin Rifaldi, mahasiswa dari Provinsi D. I. Yogyakarta, Lucia Amelia Cuaca, pelajar dari Provinsi Bali, dan Dino Dinasty Hariyanto, mahasiswa dari Provinsi Banten.

Lokas menyediakan sejumlah hadiah bagi pemenang, yaitu trofi Lokas, uang pembinaan, bingkisan serta sertifikat dengan total nilai 25 juta rupiah.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Kepala Biro Pemberitaan Parlemen DPR RI Indra Pahlewvi menjelaskan Lokas merupakan rangkaian kegiatan menyambut kehadiran anggota DPR periode 2024-2029 yang akan mengucapkan sumpah/janji pada 1 Oktober mendatang. Tema yang diusung adalah 'DPR Baru, Harapan Baru'.

“Saya terkesima melihat anak-anak begitu kreatif. Pesertanya sangat variatif, mulai dari pelajar, aktivis, mahasiswa, dewasa, hingga ibu rumah tangga. Isi konten aspirasi juga sangat baik dan didukung data. Yang paling penting adalah penyampaiannya sangat kreatif dengan cara kekinian. Pesan yang disampaikan berat, tetapi disampaikan dengan ringan dalam bahasa mereka. Ini melampaui ekspektasi kami,” papar Indra.

Indra menambahkan Lokas sejak awal memang ingin menyasar aspirasi dari generasi Z dan milenial yang hobi membuat konten dengan handphone sebagai andalan utama.

Indra memastikan bahwa semua aspirasi yang telah disampaikan peserta Lokas akan diteruskan kepada anggota DPR dari komisi terkait.

Secara khusus, ia mengapresiasi seluruh konten aspirasi yang telah disampaikan peserta. Bagi yang belum menang, masih ada kesempatan pada Lokas selanjutnya.

Hadiah bagi pemenang akan disampaikan melalui perusahaan jasa pengiriman dan transfer, namun bagi peserta yang berada di kawasan Jabodetabek bisa mengambil hadiah secara langsung di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta.(adv/jpnn)


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler