Kahiyang Sah Bermarga Siregar, Ini Pesan Khusus dari Darmin

Rabu, 22 November 2017 – 17:08 WIB
Darmin Nasution. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, MEDAN - Menko Perekonomian Darmin Nasution turut hadir dalam acara adat penabalan marga Siregar kepada Kahiyang Ayu, putri Presiden RI Joko Widodo.

Dirinya pun duduk mendampingi Bobby sebagai perwakilan keluarga bersama Erwan Nasution, yang merupakan adik kandung almarhum ayahanda Bobby Nasuiton.

BACA JUGA: Kahiyang: Semoga Saya Bisa Mengamalkan Pesan Para Raja-Raja

“Jadi karena ibunya Bobby itu boru Siregar, jadi keluarga Nasution datang ke rumah Siregar minta supaya diberi marga Siregar kepada Kahiyang. Mudah-mudahan membawa berkah dan membawa kehormatan. Tugas Bobby, ajarilah adat kepada istrimu,” sebut Darmin.

Usai dinobatkan bermarga Siregar, Kahiyang Ayu pun diarak menuju halaman rumah untuk dilakukan prosesi adat upa-upa dengan tari tortor persembahan oleh raja-raja adat Mandailing termasuk Raja Panusunan Bulung Siregar.

BACA JUGA: Arak-arakan Presiden Bakal Diiringi Sado Berastagi

Selanjutnya kedua pasangan suami istri itu, diantar menuju kendaraan untuk dilepas menuju kediaman marga Nasution.

Penabalan Marga Siregar kepada Kahiyang Ayu pun dilengkapi dengan suguhan tari tortor oleh seluruh raja-raja adat yang datang memberikan restu atas dijadikannya putri Presiden RI itu menjadi keluarga besar suku Mandailing dan Sumatera Utara.

BACA JUGA: Sebelum Masuk Rumah Mertua, Kahiyang Ayu Injak Batang Pisang

Selanjutnya, Kahiyang Ayu ‘dilepas’ untuk kembali ke kediaman keluarga sang Suami tempat dirinya sekarang mengabdikan diri sebagai istri sekaligus menantu di rumah keluarga Nasution.

Turut hadir Tengku Erry Nuradi selaku Gubernur Sumatera Utara (Sumut) saat sidang adat pemberian marga kepada Kahiyang Ayu.

Sang Gubernur hadir mewakili adat dengan gelar Patuan Raja Parlindungan Siregar untuk memberikan sambutan sekaligus nasehat kepada pasangan Bobby Afif Nasution-Kahiyang Ayu Siregar.

“Seluruh raja-raja yang hadir di sidang adat, khususnya keluarga besar Bapak Almarhum Erwin Nasution, dalam kesempatan ini kami juga merasa senang dan bangga atas kehadiran raja-raja yang hadir dari berbagai daerah, termasuk mora, kahanggi dan anak boru,” ujar Erry yang diminta menyampaikan sambutan dalam sidang adat tersebut sebagai tokoh bergelar Patuan Raja Parlindungan Siregar.

 

Gubernur Sumatera Utara Dr HT Erry Nurdi gelar Patuan Raja Parlindungan Siregar memberikan sambutan sekaligus nasehat kepada pasangan tersebut. Foto: Istimewa

Sebelum Kahiyang Ayu resmi dinobatkan sebagai Boru Siregar oleh raja adat dari marga tersebut, Erry pun menyampaikan bahwa dirinya sebagai putra Sumatera Utara yang dianggap bagian dari keluarga besar Siregar, turut menyaksikan dan mendukung agar Raja Panusunan Bulung Siregar dapat merestui Putri Presiden RI Joko Widodo itu memakai marga Siregar.

“Tentunya kami dari Raja Sipirok turut menyaksikan dan mendukung agar Raja Panusunan Bulung dapat merestui dengan setulus hati. Kami juga berharap setelah penabalan marga Siregar ini, putri kami Kahiyang Ayu dapat menjiwai sebagai Boru Regar (Siregar) dan mudah-mudahan juga akan mencintai Sumatera Utara dan kita semuanya,” ujar Erry Nuradi Siregar.

Dirinya pun mendoakan agar pasangan Bobby-Kahiyang menjadi keluarga yang rukun, dan Sakinah Mawaddah Warohmah sebagai pasangan yang diridhoi Allah SWT. Apalagi saat ini, Kahiyang menjadi bagian dari keluarga besar warga Sumatera Utara, sehingga merupakan satu hal yang membanggakan.(bal/gus/adz)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Di Rumah Bobby, Kahiyang Injak Dingin Dingin


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler