'Ngunduh Mantu' Putri Jokowi

Kahiyang: Semoga Saya Bisa Mengamalkan Pesan Para Raja-Raja

Rabu, 22 November 2017 – 16:48 WIB
Putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu mengikuti rangkaian manortor usai penabalan marga di Jalan STM Ujung Medan, Selasa (21/11). Foto: SUTAN SIREGAR/SUMUT POS

jpnn.com, MEDAN - Kahiyang Ayu, putri sematawayang Presiden Joko Widodo resmi bermarga Siregar.

Pemberian marga Siregar ini dilakukan dalam rangkaian prosesi adat yang dihadiri para raja etnis Mandailing dari marga Nasution dan Siregar.

BACA JUGA: Arak-arakan Presiden Bakal Diiringi Sado Berastagi

Sejak pagi, para undangan acara adat penabalan marga Siregar kepada Kahiyang Ayu, putri Presiden RI Joko Widodo mulai memadati kediaman Doli Sinomba Siregar di Jalan STM Ujung Medan, Selasa (21/11).

Ratusan orang yang didominasi utusan berbagai marga suku Mandailing ikut menyaksikan sidang untuk mengesahkan istri Bobby Afif Nasution menjadi bagian dari keluarga besar marga Siregar.

BACA JUGA: Presiden Hadiri Annual Consultation RI-Malaysia ke-12

Marga Siregar yang kini disandingkan di nama Kahiyang Ayu ini diberikan karena ibunda dari Bobby Nasution memiliki marga Siregar.

Dengan demikian, Paman atau Tulang dari Bobby, Doli Sinomba Siregar, secara adat menjadi orang tua Kahiyang berdasarkan aturan yang berlaku di adat Mandailing.

BACA JUGA: Presiden Minta Peran Aktif FKPPI Menjaga Spirit Nasionalisme

Karena itu pula, sambutan meriah diberikan kepada putri dari RI Satu itu.

Dari sidang adat yang digelar di tempat sederhana itu, pemberian marga Siregar kepada Kahiyang Ayu harus dilakukan raja adat yakni Raja Panusunan Bulung selaku pemangku adat.

Sedangkan sebutan sidang, karena di dalamnya ada perkataan dari berbagai perwakilan Raja dari beberapa marga seperti Hasibuan, Harahap, Dalimunte, Siregar dan sebagainya sebagai bentuk masukan kepada Raja Panusunan Bulung sebelum diputuskan pemberian marga tersebut.

Suasana acara sidang penabalan marga itu pun cukup meriah dan sedikit penuh sesak karena antusiasnya para undangan perwakilan marga yang diminta menyampaikan kata-kata, baik sebagai bagian dari prosesi adat, maupun pesan-pesan moral kepada pasangan Bobby-Kahiyang serta kedua keluarga yang kini sudah berbesanan.

Namun dengan keterbatasan ruang, acara adat tetap berlangsung. Sekitar pukul 10.00 WIB, pasangan suami istri itu memasuki kediaman Doli Sinomba Siregar disambut hangat keluarga dengan iringan musik tortor Mandailing.

Kahiyang yang dibawa sang suami Bobby Nasution, diarak menuju pelaminan tempat prosesi adat akan dilangsungkan, tepatnya di ruang tengah kediaman Doli, saudara laki-laki ibunda Bobby. Selanjutnya proses penyampaian kata-kata pun dimulai bergilir dari pihak keluarga dengan Bahasa Mandailing.

“Di sini kami menyampaikan, bahwa beginilah cara kami meresmikan (pemberian marga). Karena sudah semua menyetujui, tepat jam 11.15 resmi sah diberikan marga Siregar kepada Kahiyang Ayu. Jadi sekarang bernama Kahiyang Ayu Siregar,” sebut salah satu pembicara dalam sidang adat yang dipimpin Pandapotan Nasution bergelar Patuan Kumala Pandapotan, asal Pidoli Lombang, Mandailing Natal dengan sebutan Raja Panusunan Bulung, menyebutkan dengan mengulang sebanyak tiga kali sebagai bentuk penegasan.

Usai dinobatkan bermarga Siregar, selanjutnya Kahiyang Ayu yang mendampingi sang suami, menerima Surat Keputusan (SK) dari raja adat sebagai bukti telah sahnya Kahiyang diangkat sebagai anak dari keluarga Marga Siregar.

Pasangan suami istri itu pun kemudian diulosi, sambil ditepungtawari dengan beras berwarna kuning, diberi upah-upah serta didoakan seluruh keluarga dan tetua adat. Diakhiri prosesi saling menyuap nasi dengan makanan.

Namun yang paling istimewa adalah sajian kepala dan daging kerbau beserta keris atau sahat mara dalam istilah adat Mandailing.

“Kepala kerbau ini simbol kemakmuran. Keris yang dibalut kain kuning bermakna perisai bagi Kahiyang. Ini diberikan setelah resmi jadi boru Siregar. Satu kerbau sudah dipotong di rumah Doli kemarin,” jelas Latifah Hanum bergelar Pisang Raut atau Anak Boru dari Anak Boru, yang juga merupakan kakak sepupu Doli Sinomba Siregar.

Sementara dalam acara prosesi adat itu, Kahiyang Ayu Boru Siregar mengaku akan menjalani semua nasehat yang disampaikan para raja adat Mandailing.

“Semoga saya bisa mengamalkan yang disampaikan para raja-raja. Semoga kami bisa jadi keluarga sakinah, mawaddah dan warrahmah,” ungkap Kahiyang Ayu yang duduk di atas pelaminan bersama Bobby. Dengan senyuman yang terus mengembang, Kahiyang juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada keluarga besar Siregar.

Begitu juga Bobby Nasution mengucapkan terima kepada seluruh anggota keluarga besar yang hadir dalam acara adat ini. “Terima kasih kepada raja-raja terutama Tulang Doli yang sudah memberikan marga ke istri saya. Semoga marga yang diberikan bisa dijaga dengan baik ,” ungkap Bobby.(bal/gus/adz)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jokowi Genggam Erat Ibu Negara, Yang Jomlo Langsung Baper


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler