Kalah Bersaing dalam Digitalisasi, 126 Kantor Bank di Sumsel Tutup

Kamis, 14 Desember 2023 – 18:09 WIB
Kepala OJK Perwakilan Regional Sumatera Selatan dan Bangka Belitung Untung Nugroho (pakai baju batik). Foto: Cuci Hati/JPNN.

jpnn.com, PALEMBANG - Kehadiran perkembangan digitalisasi sistem perbankan membuat sejumlah kantor Bank yang ada di Sumatra Selatan (Sumsel) terpaksa tutup.

Berdasarkan data dari Kantor OJK Provinsi Sumatera Selatan dan Bangka Belitung, dalam kurun waktu dua tahun terakhir, setidaknya ada 126 kantor di Sumsel tutup.

BACA JUGA: Aturan Baru OJK, Tak Boleh Pinjam Lebih dari 3 Platform Pinjol

Kepala OJK Perwakilan Regional Sumatera Selatan dan Bangka Belitung Untung Nugroho mengungkapkan bahwa di Sumsel ada sekitar 1.506 kantor bank, dengan ragam fungsi dan statusnya, mulai dari kantor utama, kantor pembantu, kantor kas, sampai pada unit yang ada di kecamatan.

Selain itu, di Sumsel juga terdapat 26 perusahaan perbankan dan 8 institusi keuangan non bank (IKNB).

BACA JUGA: Kebijakan OJK Dinilai Jitu Dalam Menjaga Stabilitas Sektor Keuangan  

"126 bank yang ditutup itu merupakan kantor cabang dan kantor pembantu yang ada di Sumsel," ungkap Untung, Kamis (14/12).

Menurut Untung, persaingan kantor bank ke depan akan makin berat, karena produk perbankan.

"Seperti halnya fungsi penyaluran pembiayaan dan kredit, sudah bisa dilakukan dengan kemudahan digital yang dikembangkan oleh perbankan,” ujar Untung.

Hal itu juga diperkuat dengan kekinian masyarakat terutama di Provinsi Sumsel yang sudah dengan sangat mudah mengakses kebutuhan perbankan melalui smartphone.

"Dengan smartphone akses biaya, sekaligus sistem pembayaran sudah bisa melalui sejumlah pilihan dompet digital, pembiayaan digital, sampai perusahaan aplikasi yang menawarkan layanan mirip perbankan, seperti akses keuangan, pinjaman, kredit berjangka dan program lainnya,” terang Untung.

Meski demikian, kata Untung, melajunya perkembangan digitalisasi juga membuka ruang bagi perbankan luar daerah untuk masuk ke Sumsel dalam hal permodalan.

“Makin sering juga, ada perbankan yang kantornya beralamat tidak di Sumsel. Namun, mencoba segmen pasar di Sumsel, dan ini membuka ruang baru bagi di luar daerah," tutup Untung. (mcr35/jpnn)


Redaktur : Elvi Robiatul
Reporter : Cuci Hati

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
OJK   perbankan   Bank   Digitalisasi  

Terpopuler