Kalah Pilkada, Para Tokoh Ini Pilih Maju di Pileg 2019

Sabtu, 07 Juli 2018 – 16:06 WIB
Ilustrasi. Foto: dokumen sumeks.co.id

jpnn.com, PALEMBANG - Sejumlah kandidat yang kalah di Pemilihan Gubernur maupun Pilkada kabupaten/kota pada 27 Juni lalu, kembali mencoba peruntungan di pemilihan anggota legislatif DPR-RI (Pileg 2019).

Di antaranya adalah Ishak Mekki, wakil gubernur Sumsel yang akan bertarung di Dapil Sumsel I lewat Partai Demokrat. Cakupan wilayahnya, Musi Rawas, Muratara, Muba, Banyuasin, Kota Palembang, dan Lubuklinggau.

BACA JUGA: Ini Penjelasan KPU soal Nasib Eks Napi Korupsi di Pileg 2019

Lalu, Eddy Santana Putra, mantan wako Palembang. Dia maju melalui Partai Gerindra.

Pendatang baru lainnya, Lury Elza Alex (anak gubernur Alex Noerdin) menggunakan Partai Golkar. Nah, dari Nasdem ada Hj Maphilinda Syahrial (istri Syahrial Oesman, mantan gubernur Sumsel). Muncul juga Sarjan Tahir dari Partai Demokrat. Kemudian Darmadi Djufri (PDI Perjuangan).

BACA JUGA: Tiga Partai Ini Masih Kekurangan Bacaleg DPRD Kota Batam

Mereka akan bersaing dengan 7 calon incumbent. Sekarang duduk sebagai anggota DPR-RI. Yakni, Syofwatillah Mohzaib (Demokrat), Nazaruddin Kiemas (PDI Perjuangan), Edhie Prabowo (Gerindra), Kahar Muzakkir (Golkar), Wasista Bambang Utoyo (Golkar), H Mustafa Kamal (PKS) dan Fauzi H Amroh (Hanura).

Tak kalah ketat persaingan di Sumsel II (OKU, OKI, Muara Enim, Lahat, OKUT, OKUS, Ogan Ilir, Empat Lawang, Pagaralam, dan Prabumulih). Di sana ada Alex Noerdin, pria yang kini menjabat sebagai gubernur Sumsel. Sekaligus ketua DPD I Partai Golkar Sumsel. Alex sendiri sudah 2 periode menjabat sebagai gubernur.

BACA JUGA: Hari Pertama, Belum Ada Parpol Daftarkan Caleg ke KPU Batam

Selain itu, Yudha Pratomo Mahyuddin, calon wakil gubernur 2018-2023 menggunakan perahu Demokrat, maju di Sumsel II. Di samping, ketua DPD Partai Gerindra Sumsel Syaifudin Aswari Rivai yang juga calon gubernur nomor urut 2. Sedangkan HM Irwansyah, wakil Aswari di Pilgub, disebut-sebut maju pakai perahu PKS. Dari unsur perempuan ada Riezky Aprilia, calon wawako Lubuklinggau.

Para pendatang baru itu, akan bersaing dengan calon incumbent. Macam Irma Suryani (Partai Nasdem), Bertu Merlas ST (PKB), Drs H M Iqbal Romzi (PKS), HR Erwin M Singajuru SH MH (PDI Perjuangan), H Yulian Gunhar SH MH (PDI Perjuangan). Bobby Adhityo Rizaldi SE MBA CFE (Partai Golkar), Ir Sri Meliyana (Partai Gerindra), H Wahyu Sanjaya SE (Partai Demokrat), Ir Hafiz Tohir (PAN) dan Hanna Hayatri SH (PAN).

Lury Elza Alex Noerdin membenarkan pencalonan dirinya sebagai caleg untuk DPR-RI dari Dapil Sumsel I. Meski demikian, dirinya menyerahkan sepenuhnya pada proses yang berjalan. Terus berikhtiar dan berdoa.

"Insya Allah saya akan maju sebagai caleg DPR-RI dari Partai Golkar. Ikhtiar dulu. Untuk Bapak (Ir H Alex Noerdin, red) juga maju tapi di dapil berbeda yakni Dapil Sumsel II," ungkap Lury tadi malam.

Terpisah, Ketua DPD Partai Hanura Sumsel yang juga anggota DPD RI Dapil Sumsel, H Hendri Zainuddin, mengatakan, dia maju sebagai caleg DPR-RI untuk dapil Sumsel II. "Kalau Fauzi H Amro dari dapil Sumsel I. Sedangkan untuk nama lain sudah kita persiapkan."

Ketua DPW Partai Nasdem Sumsel, Ir H Syahrial Oesman mengungkapkan, selain nama-nama yang sudah menjabat sebagai legislator di Senayan, pihaknya juga menyiapkan beberapa nama baru. Termasuk mantan cawagub Sumsel tahun 2013 lalu yakni Hj Maphilinda Syahrial Oesman yang akan bertarung di dapil Sumsel I. "Target setiap dapil terdapat caleg sebanyaknya-banyaknya yang akan menjadi anggota DPR-RI di Senayan."

Ketua DPP Nasdem Irma Suryani Chaniago menjelaskan caleg-caleg yang akan maju melalui partainya semua sudah mendaftar ke KPU. Ia juga mengklaim para caleg telah memenuhi persyaratan termasuk bukan mantan terpidana sesuai yang diatur dalam Peraturan KPU No 20/2018. "Kalau untuk maju melaui Nasdem, tidak ada (mantan terpidana)," jelasnya Jumat (6/7) di Jakarta.

Sementara itu, Sarjan Tahir menegaskan kalau dirinya maju DPR-RI dari dapil Sumsel 1. “Saya sudah daftar ke Demokrat. Nantinya kami akan didaftarkan ke KPU secara kolektif oleh partai,” jelasnya. Setidaknya ada dua alasannya kembali maju dalam pileg di tingkat pusat.

Pertama, dia sudah punya pengalaman pada 2004 duduk di parlemen. Karena itu, pada Pileg 2019 ini Sarjan akan kembali berpartisipasi. Kedua, dengan nantinya jadi dewan, dia akan berusaha menyerap sebanyak-banyaknya aspirasi warga Sumsel. Kemudian memberikan solusi dari masalah yang dikeluhkan. “Karena itu saya maju dari Sumsel,” tandasnya.

Diakui Sarjan, memang ada banyak tokoh Sumsel yang juga maju dari dapil Sumsel 1. Persaingan tak bisa dielakkan. Tapi dia memastikan, masing-masing calon legislatif punya strategis sendiri-sendiri. “Saya juga begitu. Sudah ada rencana-rencana untuk bisa terpilih,” tukasnya.

Selain DPR-RI, kursi dewan Provinsi Sumsel dan kabupaten/kota juga jadi incaran para calon kepala dan wakil kepala daerah yang tak terpilih. Termasuk mantan pejabat dan pejabat yang akan segera berakhir masa jabatannya.

Wakil Bupati OKI, H M Rifai SE, misalnya. Setelah jabatan berakhir nanti, dia akan mencalonkan diri menjadi anggota DPRD OKI melalui Partai Gerindra. "Saya sudah mendaftarkan diri ke partai," terangnya. Sejauh ini berbagai rangkaian untuk mengikuti seleksi sudah dilakukan seperti cek kesehatan, narkoba dan lainnya.

Tidak ada alasan baginya mengapa mencalonkan diri menjadi anggota dewan karena tidak ada kegiatan lain setelah jabatan wakil bupati OKI berakhir 15 Januari mendatang. “Mudah-mudahan bisa terpilih kembali sehingga dapat menyalurkan aspirasi rakyat OKI,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua PAN Lubuklinggau Sofyan yang kemarin menjadi calon wakil wali kota Lubuklinggau juga akan mencalonkan diri sebagai caleg. Tahapan untuk nyaleg sudah diikutinya.

“Nyaleg ke DPRD Lubuklinggau,” ucapnya. Dia menegaskan tak ingin putus asa dan berlama-lama kecewa karena kalah dalam Pilwako. “Cari jalan lain, kita harus melangkah lagi,” imbuhnya. Baginya, kalah menang bukan masalah. Saat ini, dia fokus menyusun strategi agar partai yang dipimpinnya bisa menang. (tim)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Unggul di Pilkada 10 Provinsi, PAN Semakin Pede Sambut 2019


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler